Pengertian Sepak Bola: Sejarah, Aturan, Teknik Dasar dan Manfaatnya – Salah satu permainan yang paling populer di Indonesia adalah sepak bo...
Daftar Isi [Tampil]

    Pengertian Sepak Bola: Sejarah, Aturan, Teknik Dasar dan Manfaatnya – Salah satu permainan yang paling populer di Indonesia adalah sepak bola. Bahkan bisa dikatakan game ini merupakan game yang paling digemari mengingat tidak luput dari perhatian banyak penonton di setiap pertandingannya.

    Selain sebagai ajang olah raga, sepak bola juga menjadi ajang hiburan bagi sebagian masyarakat. Salah satu buktinya adalah banyak sekali anak-anak yang tidak pandai bermain sepak bola namun rela berkerumun di stadion untuk menonton atau mendukung tim kesayangannya. Tahukah Anda apa arti sepak bola karena popularitasnya?

    Mari kita jelaskan secara lengkap pengertian, sejarah, aturan, teknik dasar, manfaat dan tokoh-tokoh sepak bola terkenal di Indonesia untuk mengetahui lebih jauh tentang permainan sepak bola.



    1. Pengertian Sepak Bola

    Sepak bola mengacu pada permainan yang dimainkan oleh dua tim berbeda di lapangan dengan komposisi sebelas pemain. Dimana setiap tim berusaha untuk menang dan mencetak gol ke gawang lawan.

    Dari segi sepak bola, permainan ini melibatkan pergerakan unsur fisik, mental, motorik kasar, dan motorik halus serta dibangun dengan kekuatan tim yang solid. Pergerakan seluruh elemen tersebut dilakukan untuk memastikan bola bergerak dinamis dan sepanjang garis gawang.

    Bola yang digunakan dalam permainan ini berbentuk lonjong, setiap pemain melakukan setiap gerakan dengan menggunakan kaki, dan hanya penjaga gawang yang boleh menyentuh bola menggunakan tangannya.

    Momen dan peristiwa pertandingan sepak bola meninggalkan kesan yang sungguh tak terlupakan dan selalu menarik untuk disaksikan secara langsung. Tidak ada salahnya jika sepak bola menjadi salah satu olahraga yang paling digandrungi di dunia.

    Olahraga yang dimainkan oleh 250 juta orang di lebih dari 200 negara ini juga bertekad menjadikannya sebagai olahraga esensial. Banyak penggemar dan keluarga yang bertekad untuk tidak melewatkan pertandingan sepak bola baik di liga profesional maupun amatir.

    Baca Juga : Pengertian Demokrasi Sejarah dan Praktek di Indonesia

    2. Pengertian Sepak Bola Menurut Para Ahli

    Menurut FIFA

    FIFA (Federasi Asosiasi Sepak Bola InternasionalDiungkapkannya, sepak bola merupakan permainan yang dimainkan di lapangan berumput atau turf dengan ukuran lapangan 90-120 meter dan lebar 45-90 meter, dimainkan oleh sebelas pemain sebagai satu tim, dengan menggunakan bola sepak.

    Emigran

    Menurut Muhacir, sepak bola merupakan permainan dan olah raga yang dimainkan dengan cara melemparkan bola ke gawang lawan, dan gawang tersebut harus selalu dijaga agar tim lawan tidak kebobolan.

    Luxabacher

    Menurut Luxabacher, sepak bola adalah pertandingan yang dimainkan antara dua tim, dimana masing-masing tim terdiri dari 11 pemain. Setiap orang yang bertanding harus mampu mempertahankan gawangnya agar tidak dapat diambil oleh lawan dan tetap harus membobol gawang lawan.

    Komaruddin

    Komaruddin menyatakan sepak bola merupakan aktivitas fisik yang melibatkan banyak gerakan dan hal ini terlihat dari klasifikasi gerak secara umum. Selain itu, ia juga mengungkapkan bahwa gerak-gerik dalam permainan sepak bola mempunyai gerak dasar yang dapat membentuk pola gerak secara utuh, mulai dari manipulasi hingga pola gerak lokomotor dan nonlokomotor.

    3. Sejarah Permainan Sepak Bola

    Setelah mengetahui pengertian sepak bola di atas, bagaimana sejarah sepak bola hingga menjadi populer? Menurut sumber di situs Football History, keberadaan pertandingan sepak bola di Tiongkok sudah ada sejak SM. Permainan ini muncul dengan nama permainan Cuju pada abad ke-3 dan ke-2. Dimana Cuju dimainkan dengan bola berbentuk bulat di lapangan berbentuk persegi. Banyak negara, seperti Yunani Kuno dan Roma, mengklaim bahwa keberadaan sepak bola dimulai dari mereka.

    Namun, cerita bahwa sepak bola menjadi populer pada abad ke-12 dan bahwa sepak bola dimainkan di padang rumput dan jalanan Inggris pada abad ini dapat diterima secara luas. Seiring berjalannya waktu, muncullah klub-klub sepak bola namun diyakini sudah ada sejak abad ke-15, keberadaannya terorganisir dengan baik dan tidak berstatus resmi.

    Oleh karena itu, cukup sulit untuk menentukan klub sepak bola pertama yang ada di muka bumi. Beberapa sejarawan Inggris percaya bahwa klub profesional didirikan di Inggris pada tahun 1862 dengan nama klub Inggris Notts County. Setahun kemudian, tepatnya pada tahun 1863, lahirlah sepak bola modern dengan berdirinya Asosiasi Sepak Bola Inggris.

    Sejak itu, turnamen internasional pertama diadakan pada tahun 1883 yang melibatkan empat negara: Inggris, Irlandia, Skotlandia, dan Wales.

    Meski sepak bola merupakan fenomena yang digandrungi Inggris, namun perlahan menyebar ke negara-negara Eropa lainnya. Pertandingan pertama pada tahun 1867 berlangsung di luar Eropa yaitu di Argentina.

    Tepat pada tanggal 21 Mei 1904, Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA) didirikan yang ditandatangani oleh tujuh negara: Prancis, Belgia, Denmark, Belanda, Spanyol, Swedia, dan Swiss.

    Meski Inggris identik dengan sejarah perkembangan sepak bola, namun mereka tidak terlibat dalam proses tersebut sejak awal. Namun, mereka bergabung pada tahun berikutnya.

    Semakin populernya olahraga sepak bola semakin diperkuat dengan dimasukkannya olahraga ini sebagai olahraga resmi dalam Olimpiade pada tahun 1908. Piala Dunia pertama yang digelar pada tahun 1930 semakin memperkuat popularitas olahraga tersebut di kancah internasional. Sepak bola wanita ditambahkan pada tahun 1996 untuk pertama kalinya.

    Baca Juga: Pengertian Teks Eksplanasi, Struktur, Ciri, Beserta Contohnya

    4. Peraturan Permainan Sepak Bola

    Ini adalah salah satu olahraga tertua di dunia dan juga paling populer untuk ditonton. Saat ini permainan ini dimainkan oleh jutaan orang dan miliaran pendukung di seluruh dunia. Tak heran jika sepak bola masuk dalam berbagai konsep pertandingan seperti Piala Dunia.

    Selain itu, ada juga turnamen Kejuaraan Eropa, Copa America, dan Piala Afrika. Selain itu, liga terkuat ada di Inggris (Liga Utama Inggris), Spanyol (La Liga), Italia (Serie A) dan Jerman (Bundesliga). DI Indonesia (Liga 1) sebagai liga terkuat

    Melihat antusiasme penduduk dunia terhadap sepak bola mungkin perlu dibarengi dengan aturan mainnya, maka FIFA sebagai organisasi internasional yang menaungi olahraga ini pun menerbitkan aturan baku. Jika berbicara tentang pengertian sepak bola, maka kita perlu berbicara tentang bentuk permainan serta aturan-aturan dalam permainan tersebut.


    Aturan ini disebut sebagai:Hukum Permainan Menurut mereka, hal itu berlaku pada semua pertandingan, baik tingkat internasional maupun antar anak muda di pelosok desa.

    Menurut mereka, undang-undang tersebut seharusnya menerapkan aturan yang sama di setiap konfederasi, di setiap negara, di setiap kota, di setiap desa, di setiap pertandingan di dunia. Sebab aturan yang diterapkan dalam pertandingan merupakan sebuah kekuatan besar yang harus dijaga.

    dalam dokumenHukum Permainan mereka memiliki filosofi dansemangat hukum “Pertandingan terbaik adalah pertandingan yang jarang membutuhkan wasit karena pertandingan itu penuh dengan rasa hormat satu sama lain.”

    Pedoman ini adalah satu-satunya undang-undang sepak bola yang dipatuhi oleh badan pengelola olahraga FIFA. Peraturan ini berisi 17 pasal yang berlaku untuk pertandingan, di mana keputusan dapat dibuat berdasarkan isu-isu seperti jumlah pemain yang harus dimiliki suatu tim, durasi pertandingan, ukuran lapangan dan bola, jenis dan sifat pelanggaran. Masih banyak lagi peraturan mengenai wasit dan prinsip sepak bola.

    Tugas wasit adalah menafsirkan dan menerapkan “prinsip” permainan selama pertandingan. Namun pada umumnya tujuan dalam sebuah pertandingan sepak bola adalah mencetak gol sebanyak lawannya.

    A. Aturan untuk Target yang Valid

    Aturan pertama yang harus diperhatikan adalah bola harus masuk ke gawang lawan untuk memenangkan pertandingan. Setiap tendangan ke gawang lawan harus berakhir melewati garis agar menjadi gol yang sah. Gol dapat dicetak menggunakan bagian tubuh mana pun selain tangan atau lengan, hingga bahu.

    B. Peraturan Mengenai Waktu Bermain

    Aturan umum yang harus Anda perhatikan adalah waktu sah selama pertandingan adalah 90 menit. Pertandingan akan dibagi menjadi dua bagian, 45 menit pertama berdurasi 15 menit dan dilanjutkan dengan game kedua yang berdurasi 45 menit.

    Jika pertandingan 90 menit berikutnya berakhir imbang, pemenang akan ditentukan melalui adu penalti. Hukuman ini diterapkan dengan menendang bola ke arah gawang lawan di dalam kotak penalti.

    C. Peraturan Mengenai Jumlah Pemain

    Aturan selanjutnya adalah jumlah pemain dalam setiap tim adalah 11 pemain. Terdiri dari sepuluh pemain lapangan dan satu penjaga gawang. Setiap tim boleh mempunyai maksimal 7 pemain pengganti.

    Pergantian pemain dapat dilakukan kapan saja selama pertandingan dan setiap tim dapat melakukan maksimal 3 pergantian pemain per tim. Selain itu, pemain diharuskan memakai perlengkapan seperti cleat, pelindung tulang kering, dan jersey yang serasi. Selain itu, penjaga gawang juga akan mengenakan sarung tangan yang lembut.

    Seorang kapten akan ditunjuk dari masing-masing tim dan kapten akan memakai karet kapten. Bola yang digunakan dalam permainan disusun sedemikian rupa sehingga keliling lingkarannya adalah 58-61 cm.

    D. Peraturan Wasit dan Penggunaan Kartu

    Harus ada seorang wasit dan dua orang asisten wasit (pengadil garis) dalam setiap pertandingan. Tugas wasit adalah bertindak sebagai pencatat waktu dan membuat keputusan apa pun yang mungkin perlu dibuat, seperti pelanggaran, tendangan bebas, lemparan ke dalam, penalti, dll., dan ditambahkan tepat waktu di akhir setiap babak.

    Wasit dapat berkonsultasi dengan asisten wasit mengenai keputusan kapan saja selama pertandingan. Adalah tugas asisten wasit untuk menentukan offside dalam suatu pertandingan (lihat di bawah), memasukkan bola ke dalam permainan untuk kedua tim, dan juga membantu wasit dalam semua proses pengambilan keputusan jika diperlukan.

    Untuk pelanggaran, pemain dapat dihukum kartu kuning atau kartu merah tergantung tingkat pelanggarannya.

    Keputusan ini biasanya merupakan kebijaksanaan wasit. Kedua kartu tersebut memiliki arti yang berbeda; kuning merupakan tanda peringatan, sedangkan kartu merah merupakan hukuman bagi pemain yang melakukan pelanggaran serius, biasanya ditandai dengan pemain meninggalkan area hijau.

    Selain itu, dua kartu kuning sama dengan satu kartu merah. Memberikan kartu merah kepada salah satu pemain merupakan kerugian bagi tim karena otomatis akan kehilangan pemainnya.

    Mengetahui aturan-aturan dasar yang ada dalam permainan sepak bola, kita bisa memahaminya lebih luas lagi dalam Buku Sepak Bola yang Baik untuk Pemula karya Reki Siaga Agustina, M.PD., AIFO-P, tidak hanya aturan dasar saja, tetapi juga hal-hal lain. . yang dibahas dalam buku ini meliputi sejarah sepak bola, aturan main/Rules of the Game, sifat dan jenis latihan bahkan pola formasi dalam sepak bola. Anda dapat membeli buku ini dengan mengklik tombol "Beli Buku" di bawah.

    Baca Juga: Pengertian Sejarah Menurut Para Ahli? Inilah Penjelasannya!

    5. Manfaat Bermain Sepak Bola

    Permainan populer dan menghibur ini bersifat kompetitif, bahkan ada pula yang bermain sepak bola hanya untuk bersenang-senang. Meski alasannya hanya sekedar iseng, ternyata keberadaan sepak bola memberikan manfaat positif bagi kesehatan. Manfaat sepak bola adalah:

    A. Meningkatkan kebugaran dan daya tahan tubuh

    Meningkatkan Daya Tahan dimana kombinasi lari, jalan kaki, sprint dan menendang dapat meningkatkan daya tahan tubuh, meningkatkan kesehatan jantung, menurunkan lemak tubuh, meningkatkan kekuatan dan tonus otot, meningkatkan kekuatan tulang dan meningkatkan koordinasi

    B. Meningkatkan kerjasama tim dan kemampuan bersosialisasi

    Manfaat sepak bola selanjutnya adalah manfaat sosialnya. Manfaat sosial dari sepak bola antara lain meningkatkan kerja sama tim, bermain sepak bola juga dikaitkan dengan kualitas kepemimpinan, dan menjalin pertemanan baik dengan bermain sepak bola. Meningkatkan aktivitas kerja tim adalah keterampilan yang penting.

    C. Baik untuk kesehatan mental

    Berolahraga, termasuk bermain sepak bola, dapat bermanfaat bagi kesehatan mental, lapor portal Football Talk. Olahraga teratur juga diduga dapat membantu memperbaiki masalah kesehatan mental seperti depresi dan stres, sehingga dapat meningkatkan rasa percaya diri dan harga diri serta membantu mengurangi kecemasan.

    Sudah lama terbukti bahwa atlet memiliki harga diri yang lebih tinggi dibandingkan rekan-rekannya. Hal ini sangat penting terutama bagi remaja yang sering mengalami perubahan suasana hati dan bisa stres. Sepak bola membantu menghilangkan stres dan kecemasan dengan meningkatkan kepercayaan diri.

    D. Baik untuk kognisi

    Banyak orang yang belum mengetahui hal ini, namun bermain sepak bola memberikan dampak yang signifikan terhadap fungsi kognitif otak seseorang. Karena sepak bola adalah permainan strategis yang memerlukan pengambilan keputusan cepat, maka sepak bola mengembangkan tekad, disiplin diri, dan konsentrasi. Siswa yang berolahraga sering kali mempunyai prestasi lebih baik di sekolah.

    Bagi anak usia sekolah, bermain sepak bola dapat membantu mengembangkan keterampilan pemecahan masalah yang kuat. Pemain harus bisa menyelesaikan masalah dengan rekan satu tim dan lawannya agar bisa naik ke puncak. Anda belajar bagaimana menemukan solusi untuk masalah-masalah kecil sambil menguji keterampilan pemecahan masalah Anda yang sedikit. Bermain sepak bola di masa muda Anda akan sangat bermanfaat bagi Anda dalam jangka panjang.

    6. Luas Lapangan Sepak Bola

    Lapangan harus terbuat dari rumput buatan atau alami, dengan semua area di dalam garis putih menjadi lapangan permainan. Padahal, aturan lapangan sepak bola tertuang dalam Law of The Game (LOTG), lebih tepatnya pada Pasal 1. Lapangan sepak bola bisa berbentuk persegi dan memiliki empat sisi, termasuk sisi kanan dan kiri, yang disebut garis lapangan. Sisi yaitu lebar lapangan disebut garis gawang.

    Dimensi lapangan diperbolehkan berbeda-beda.Menurut aturan FIFA, standar lapangan sepak bola internasional adalah panjang 100-110 meter. Lebarnya 64-75 meter. Jari-jari lingkar tengah juga 9,15 meter. Luas daerah pinaltinya adalah 40,3 x 16,5 meter. Di lapangan terdapat dua buah gawang yang dijaga masing-masing penjaga gawang, dan gawangnya sendiri terdiri dari sebuah bingkai dengan tinggi 8 meter dan lebar 8 meter.

    Mungkin PC masih belum memahami infrastruktur dan kemungkinan bermain, teknik dasar pemain, dan bagaimana model bor-bor melatih teknik dasar tersebut. Beruntungnya semua ini adalah Ketut Chandra Adinata Kusuma, S.Pd., M.Pd. Dijelaskan lengkap dalam buku Football Coaching: Theory and Practice karya. Tentunya buku ini dilengkapi dengan ilustrasi yang membuat materi yang dibahas menjadi jelas, sehingga pembaca dari pemula hingga mahir dapat dengan mudah mempraktikkannya dan membeli buku ini dengan mengklik opsi “Beli Buku” di bawah.

    7. Teknik Dasar Permainan Sepak Bola

    Dalam sepak bola, teknik adalah salah satu elemen permainan sepak bola yang paling jelas dan terlihat. Keterampilan dalam teknik sepak bola akan berdampak besar pada kemenangan tim. Berikut teknik sederhana yang harus dikuasai sebelum bermain game:

    A. Teknik Dasar Mengoper Bola (Passing)

    Keterampilan akurasi passing Akurasi passing mengacu pada kemampuan pemain dalam menggunakan kedua kakinya untuk mengantarkan bola ke sasaran yang dituju pemain. Ini bisa berarti mengirim bola langsung ke kaki rekan setim Anda dengan kekuatan dan presisi, mengirimkan umpan terobosan, atau mengoper bola di depan gawang dan memainkan bola dengan akurat.

    Ada beberapa teknik passing yang baik agar bola akurat dan sampai ke kaki partner tanpa tertangkap oleh tim lawan, berikut beberapa teknik passingnya:

    1) Bagian dalam kaki atau umpan dorong (Inside of the foot)

    Teknik passing yang dilakukan dengan kaki bagian dalam ini memiliki tingkat akurasi yang lebih baik dan cocok digunakan pada passing jarak pendek. Saat kita memiliki kecepatan sedang, kecil kemungkinan bola akan memantul tinggi sehingga memudahkan rekan satu tim kita menerima umpan kita.

    2) Bagian luar kaki (bagian luar kaki)

    Jenis operan yang kedua adalah operan dari bagian luar kaki atau dengan bagian luar kaki. Teknik ini memerlukan latihan yang sering untuk akurasi yang akurat. Karena sedikit lebih sulit pada tipe pass pertama.

    Kelebihan dari jenis operan ini adalah digunakan sebagai operan yang menipu untuk menghindari penguasaan bola oleh tim lawan.

    3). langkah berkendara

    Dalam penyeberangan jarak jauh digunakan teknik langkah demi langkah. Posisi memukulnya berada di tengah, agak ke bawah, sehingga bola dapat mencapai sasaran yang jauh.

    Pemain perlu memperhatikan hal ini dan menggunakan feeling untuk memberikan bola kepada rekan kita. Anda bisa mengayunkan lengan untuk menjaga keseimbangan.

    4). lulus chip

    Teknik passing dalam sepak bola selanjutnya adalah chip pass. Teknik ini digunakan untuk mencapai titik umpan yang diblok lawan dengan cara melempar bola.

    Teknik ini bisa digunakan untuk jarak jauh maupun pendek, hanya saja jarak kita dengan lawan harus cukup jauh agar bola tidak berhenti dan mengenai badan lawan.

    B. Teknik Dasar Menghentikan/Menerima Bola

    Teknik dasar bermain sepak bola selanjutnya adalah menghentikan/menerima bola. Teknik ini penting untuk dikuasai agar bola tidak memantul lagi dan jatuh ke tangan lawan. Untuk itu diperlukan kemampuan menerima bola. Tekniknya ada di bawah ini:

    1) Menggunakan tungkai bawah/telapak kaki

    Teknik yang pertama adalah dengan menggunakan telapak kaki dan pada saat bola masuk, anda injak bola dengan posisi kaki sedikit terangkat dan lutut ditekuk. Agar lancar, pastikan mata Anda terfokus dan tertuju pada arah datangnya bola.

    2) Menggunakan bagian dalam kaki

    Selain untuk mengoper bola, bagian dalam kaki juga bisa digunakan untuk menghentikan bola. Pada saat bola akan datang, kaki bergerak searah dengan pergerakan bola, memastikan bola tidak memantul dan mendarat sempurna di tanah.

    3. Tangkap bola dengan bagian luar kaki Anda

    Bagian luarnya juga bisa digunakan untuk menangkap bola, namun teknik ini lebih sulit dilakukan dibandingkan teknik pertama dan kedua. Namun lebih efektif dari segi kecepatan, pemain bisa langsung menghentikan bola dan terus menggiring bola serta menyerang.

    C. Menggiring bola

    Keterampilan menggiring bola; Keterampilan ini tentang penguasaan bola secara penuh. Menggiring bola, bermanuver, dan membawa bola dengan kecepatan tinggi menjadi kunci sukses sebelum mencetak gol.

    satu). Menggiring bola menggunakan bagian dalam kaki

    Menggiring bola yang pertama adalah dengan menggunakan bagian dalam kaki. Caranya adalah dengan menyentuh bola dengan bagian dalam kaki dan posisikan kaki tegak lurus terhadap bola.

    Bola kemudian ditendang secara perlahan untuk memastikan penguasaan bola. Ingatlah juga untuk memfokuskan kekuatan ayunan Anda pada bagian tengah bola agar lebih mudah dalam mengontrol bola.

    2). Menggiring bola dengan bagian luar kaki

    Skill penguasaan bola ini digunakan pada saat pemain yang menguasai bola sedang berlari dan mendorong bola agar tidak mengenai kakinya.

    3). Menggiring bola menggunakan kaki penyu

    Teknik menggiring bola selanjutnya adalah dengan menggunakan kaki penyu. Teknik ini dikatakan lebih nyaman dan bisa digunakan untuk menggiring bola (berlari) dengan kecepatan tinggi.

    D. Menguasai Bola

    Mengontrol bola adalah tentang mengendalikan bola; Hal ini mengenai pengendalian seluruh bagian tubuh selama permainan, kecuali tangan, dan pengendalian posisi bola agar tetap stabil antar bagian tubuh.

    Seseorang dengan penguasaan bola yang baik dapat menerima umpan dan melakukan umpan lebar dan lurus. Selain itu, penguasaan bola adalah kemampuan menguasai bola dan melindunginya dari lawan.

    Kelima, yang tidak kalah pentingnya, adalah pengendalian tubuh; Disini kemampuan pemain dalam menggerakkan badannya dengan lancar selama pertandingan juga mengoptimalkan keseimbangan. Mengontrol tubuh saat bertanding berarti mengambil langkah yang benar, berlari dengan keseimbangan, dan menyeimbangkan gravitasi saat melompat.

    8. Tokoh Sepak Bola Terkenal

    Sepanjang sejarah sepak bola, telah melatih banyak nama berharga bagi klub dan negara. Keberadaan tokoh sepak bola ini berkat kegigihannya sebagai atlet, rutin berlatih, dan menjaga sportivitas. Pada bulan Maret 2020, majalah France Football menerbitkan 50 nama berpengaruh sepak bola; empat di antaranya adalah Kylian Mbappe (Paris Saint-Germain), Neymar (Paris Saint-Germain), Lionel Messi (Barcelona), dan Cristiano Ronaldo (Juventus).

    Cristiano Ronaldo merupakan sosok legendaris di masa depan dan menjadi inspirasi banyak orang sebagai pemain sepak bola. Dengan segudang kesuksesan dan kekayaan yang didapat dari hasil pertandingan luar biasa yang dilakoninya. Oleh karena itu, tidak salah jika Ronaldo menjadi sosok terkenal dan berpengaruh yang sejarahnya akan terukir di masa depan.

    Berikut penjelasan mengenai pengertian sepak bola berdasarkan sejarah, aturan permainan, manfaat, dan tokoh-tokoh terkenal sepak bola. Bisakah Anda memahami sepak bola dengan baik?

    Mungkin masih banyak pertanyaan seputar dunia sepak bola, mulai dari kepemimpinan hingga teknik bermain, dari fisika hingga aturan permainan dan pemahaman yang lebih filosofis tentang sepak bola.



    Coba cari lagi apa yang ada inginkan pada kolom berikut: DMCA.com Protection Status
    Bantu Apresiasi Bantu berikan apresiasi jika artikelnya dirasa bermanfaat agar penulis lebih semangat lagi membuat artikel bermanfaat lainnya. Terima kasih.
    Donasi
    Hallo sobat panduan code, Anda dapat memberikan suport kepada kami agar lebih semangat dengan cara dibawah ini.

    Dana : 085972737000
    PAYPAL : Panduan Code
    Done
    Color Picker
    Silahkan gunakan tools color picker berikut gratis untuk Anda, salam Admin Panduan Code.

    Pilih Warna

    Done