Siapa yang mau belajar di sini departemen manajemen ? Dari dulu hingga saat ini, bidang manajemen merupakan salah satu cabang ilmu pengetahu...
Daftar Isi [Tampil]

    Siapa yang mau belajar di sini departemen manajemen? Dari dulu hingga saat ini, bidang manajemen merupakan salah satu cabang ilmu pengetahuan yang belum pernah diteliti."ketinggalan jaman" alias selalu hits dan digandrungi banyak orang dari masa ke masa. Salah satu alasannya adalah jurusan ini dianggap sebagai jurusan.sebelum waktunyaHal ini dapat diterapkan pada banyak bidang kehidupan.

    Jadi apa sebenarnya manajemen itu? Apakah hanya sekedar “perencanaan” dan “pengelolaan” atau lebih dari itu? Mari kita bahas hal ini lebih mendalam!



    Pendekatan Manajemen Menurut Para Ahli


    Apa itu manajemen? Pertama, kita mulai dengan mengkaji pengertian manajemen menurut para ahli. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

    1. Hersey dan Blanchard


    Menurut Hersey dan Blanchard, manajemen adalah proses kerja sama antara individu dan kelompok serta sumber daya lainnya untuk mencapai tujuan organisasi. Proses ini diartikan sebagai fungsi dan kegiatan yang dilakukan oleh pemimpin dan anggota secara bersama-sama untuk mencapai tujuan organisasi.

    2. Sabuk


    Menurut Kamars, manajemen adalah suatu upaya untuk menggunakan berbagai sumber daya fisik dan non fisik untuk menyelesaikan suatu pekerjaan atau masalah dengan baik.

    3.Terry


    Menurut Terry, manajemen adalah kemampuan mengarahkan dan mencapai hasil yang diinginkan dengan menggunakan usaha manusia dan sumber daya lainnya.

    4.Winardi


    Menurut Winardi, manajemen adalah suatu proses yang unik dan terdiri dari perencanaan, pengorganisasian, pengerahan dan pengawasan tindakan yang dilakukan untuk menetapkan dan mencapai tujuan yang telah ditentukan melalui penggunaan sumber daya manusia dan sumber daya lainnya.

    Baca Juga : Pengertian Seni Rupa: Unsur, Teknik, Fungsi dan Contohnya

    5. Follet diberikan kepada Danim


    Menurut Follet dan Danim, manajemen adalah seni menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain; Dalam hal ini beliau merupakan seorang manajer yang bertugas mengatur dan mengarahkan orang lain untuk mencapai tujuan organisasi.

    Berdasarkan pendekatan manajemen para ahli di atas, dapat kita simpulkan:Pengertian manajemen adalah proses perencanaan, pengelolaan, pengorganisasian dan pengendalian berbagai sumber daya, termasuk manusia, keuangan dan material, untuk mencapai tujuan organisasi.

    Manajemen juga mencakup kegiatan koordinasi dan pengendalian untuk menjamin pelaksanaan pekerjaan secara efektif dan efisien.

    Umumnya, Aktivitas manajemen tidak hanya mencakup perencanaan dan pengelolaan tetapi juga aktivitas lain seperti pengambilan keputusan, penetapan tujuan, pengalokasian sumber daya, komunikasi dengan orang, dan lain-lain.pemangku kepentingandan juga pemantauanuntuk maju.

    Karena wilayah kerjanya cukup umum namun luas, manajer dapat bekerja di berbagai bidang dalam organisasi seperti keuangan, pemasaran, operasi, dan sumber daya manusia.

    Baca Juga : Pengertian HAM Menurut Para Ahli, Beserta Sejarahnya

    Tujuan Manajemen


    Secara umum tujuan pengelolaan mencakup hal-hal penting sebagai berikut:

    • Memaksimalkan efektivitas dan efisiensi.

    • Untuk meminimalkanbiayaatau biaya-biaya yang harus dikeluarkan.

    • Untuk memotivasi karyawan atau anggota organisasi dengan cara yang positif.

    • Menentukan dan mencapai tujuan organisasi atau perusahaan.

    • Untuk memastikan kualitas yang dihasilkan selalu baik dan memenuhi harapan.

    • Mengembangkan bakat pegawai atau anggota organisasi sesuai bidangnya.

    • Untuk memudahkan proses adaptasi terhadap perubahan di berbagai bidang.


    Elemen Manajemen


    Manajemen memiliki elemen yang terdiri dari 6M:Manusia, Metode, Mesin, Bahan, Uang,VeMinggu. Keenam unsur manajemen tersebut dapat didefinisikan sebagai berikut:

    1. Adam


    Elemen manajemen pertamaadamatau Sumber daya manusia. Seorang manajer harus mempunyai keterampilan dalam mengelola sumber daya manusia, dalam hal ini karyawan atau anggota organisasi. Untuk dapat mengelola sumber daya manusia dengan baik, seorang manajer juga harus memiliki kemampuan interpersonal yang baik.

    2. Metode


    Unsur manajemen yang kedua adalahmetodeatau metode. Dalam melaksanakan kegiatan pengelolaan, seseorang dapat menerapkan berbagai metode yang ada atau mencoba menciptakan metode pengelolaan sendiri. Tentunya Anda perlu melakukan riset terlebih dahulu untuk mengetahui metode mana yang paling sesuai dengan kondisi organisasi. Selain itu, administrator juga dapat melakukan hal ini.Coba-coba benar-benar mengetahui metode seperti apa yang paling banyakBekerjauntuk organisasi mereka.

    3. Mesin


    Elemen selanjutnya adalahmesinatau mesin. Di antara mesin yang disebutkan di siniTeknologi apa pun yang digunakan oleh organisasimulai dari alat berat, komputer, laptop dan segala macamnyasumber dayamelibatkan teknologi yang dimasukkan ke dalam elemenmesin. Seorang manajer harus mampu mengalokasikan kebutuhan mesin atau teknologi apa yang sesuai dengan organisasinya. Jangan biarkan suatu mesin atau teknologi tidak digunakan atau diabaikan karena akan mengakibatkan kerugian.

    4. Bahan


    dengan mesinUnsur selanjutnya dalam manajemen adalahbahan, menyukaibahan baku. Misalnya, seorang manajer perusahaan konveksi di bagian produksi harus mampu mengelola:bahanKapas, benang, kain dan bahan baku lainnya yang dibutuhkan dalam proses produksi. Manajer harus memastikanbahanBahan yang digunakan mempunyai kualitas yang cukup dan sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

    5. Kepada


    BerikutnyaAda unsur yang tidak kalah pentingnya:untuknama panggilanUntuk. Sebagai individu dalam hidup, kita juga perlu pandai mengelola uang, apalagi sebagai pengelola perusahaan keuangan. Mereka harus memastikannyaaliran uangPerusahaan beroperasi dengan lancar dan baik untuk kelangsungan usaha di masa depan.

    6. Pasar


    Unsur manajemen yang terakhir yaituMingguatau pasar. Pengelolaan pasar meliputi:Kegiatan riset pasar, menganalisis dan mengelompokkan data pasar sesuai kebutuhan perusahaan. Perusahaan dapat memasarkan atau menjual produknya kepada sasaran dengan melakukan manajemen pasar.MingguMana yang lebih nyaman, kemungkinan besar untuk membeli.

    Fungsi manajemen


    Selain terdiri dari berbagai unsur, manajemen juga mempunyai fungsi yang beragam. Fungsi manajemen adalah sebagai berikut:

    1. Perencanaan


    Fungsi manajemen yang pertama adalah fungsi perencanaan. Pada tahap awal kegiatan manajemen, perencanaan dilakukan untuk menentukan tujuan yang ingin dicapai organisasi dan langkah-langkah atau prosedur yang perlu dilakukan untuk mencapai tujuan tersebut. Penting untuk melakukan proses perencanaan awal untuk meminimalkan kesalahan.

    2. Mengedit


    Fungsi manajemen selanjutnya adalah mengorganisir atau mengelompokkan sesuai kebutuhan. Organisasi ini dapat diterapkan pada unsur-unsur manajemen yang ada. Misalnya pengorganisasian sumber daya manusia (adam) sesuai dengan bidang keahliannya atau dengan mengatur bahan baku (bahan) sesuai dengan kebutuhan organisasi.

    3. Pengarahan


    Fungsi manajemen selanjutnya adalah pengarahan. Fungsi bimbingan penting untuk dipenuhi agar proses pencapaian tujuan dapat terlaksana sesuai arah yang direncanakan dan tidak terjadi penyimpangan ke arah tersebut.cakupan.

    4. Audit


    Fungsi manajemen yang paling utama adalah fungsi pengawasan, ataupelacakan. Fungsi ini harus dijalankan untuk menjamin proses pencapaian tujuan organisasi secara konsisten.Tetap dalam jalurdan sesuai denganlinimasa yang telah direncanakan sebelumnya.

    Kesimpulan

    Demikianlah pembahasan mengenai pengertian manajemen, tujuan, unsur-unsur dan fungsi manajemen. Untuk melaksanakan proses manajemen yang efektif, seorang manajer harus memiliki keterampilan teknis, interpersonal, konseptual serta kemampuan beradaptasi terhadap berbagai kondisi organisasi yang kompleks dan sering berubah.

    Jika Anda ingin belajar manajemen dan bekerja di bidang manajemen, Anda dapat mulai mengembangkan keterampilan yang diperlukan. Selain itu, Anda juga bisa berkumpul dan melakukan persiapan.komputer Dengan cara ini, persiapan Anda akan lebih menyeluruh!


    Coba cari lagi apa yang ada inginkan pada kolom berikut: DMCA.com Protection Status
    Bantu Apresiasi Bantu berikan apresiasi jika artikelnya dirasa bermanfaat agar penulis lebih semangat lagi membuat artikel bermanfaat lainnya. Terima kasih.
    Donasi
    Hallo sobat panduan code, Anda dapat memberikan suport kepada kami agar lebih semangat dengan cara dibawah ini.

    Dana : 085972737000
    PAYPAL : Panduan Code
    Done
    Color Picker
    Silahkan gunakan tools color picker berikut gratis untuk Anda, salam Admin Panduan Code.

    Pilih Warna

    Done