Pengertian Bola Voli: Teknik Dasar, Aturan dan Perlengkapannya - permainan bola voli Tentu saja ini bukan sesuatu yang asing bagi Anda. Buk...
Daftar Isi [Tampil]


    Pengertian Bola Voli: Teknik Dasar, Aturan dan Perlengkapannya - permainan bola voli Tentu saja ini bukan sesuatu yang asing bagi Anda. Bukan PC? Permainan yang setiap tim terdiri dari enam pemain ini memang tidak sepopuler sepak bola. Namun olahraga ini juga sangat populer di kalangan masyarakat kita.

    Tidak percaya? Jika melihat lapangan yang tidak terlalu besar, baik kota maupun desa, lapangan tersebut pasti akan menjadi tempat bermain bola voli. Mereka biasanya hanya mencari keringat. Kali ini kita akan membahas permainan bola voli. Jika suatu saat Anda diajak bermain bola voli, tak perlu bingung membaca artikel ini.

    A. Pengertian Permainan Bola Voli

    Permainan bola voli merupakan salah satu contoh olahraga bola besar. Bisa dikatakan permainan ini masuk dalam kategori pertandingan dimana dua tim saling berhadapan untuk mendapatkan hasil pertandingan.

    Cara bermain bola voli adalah dengan memukul bola hingga melewati bagian atas net di tengah lapangan. Untuk mencetak gol, pemain dalam suatu tim harus mengarahkan bola ke area lawan sedemikian rupa sehingga membuat bola jatuh ke area pertahanan lawan.

    Penciptanya adalah William G. Morgan, seorang guru pendidikan jasmani di Amerika Serikat. Ia sangat terinspirasi dengan permainan bola basket. Inspirasi tersebut ia dapatkan setelah bertemu dengan James Naismith, pendiri olahraga bola basket.

    Awalnya game ini ditujukan untuk orang tua. Namun Morgan sangat ingin menyesuaikan olahraga tersebut dengan kemampuan fisik orang tua. Sebab, tidak mungkin lansia harus mengandalkan kekuatan fisik, misalnya berlari, dalam waktu lama.

    Dan sekitar empat tahun setelah pertemuan tersebut, terciptalah olahraga gabungan antara bola basket, bulu tangkis, dan olahraga.baseball. Awalnya nama game iniMintonette. Seiring berjalannya waktu, olahraga ini mulai dikenal dan digemari oleh masyarakat segala usia. perubahan namaBola voli (Bola Voli) bertepatan dengan pertandingan pertama yang diadakan pada acara internasional Sekolah Pelatihan Young Men’s Christian Association (YMCA) pada tahun 1896.

    PC Z1 Sma/Ma/Smk/Mak Kl sambil belajar bermain bola voli. dapat membaca buku tersebut.

    Baca Juga: Pengertian Manajemen : Tujuan, Unsur dan Fungsinya

    B. Bagaimana perkembangan permainan bola voli sampai ke Indonesia?

    Permainan ini dibawa oleh Belanda pada masa penjajahan di Indonesia. Pada awal masuknya ke Indonesia, permainan bola voli hanya dimainkan oleh kalangan terbatas seperti bangsawan dan Belanda. Hingga olahraga ini belum banyak dikenal.

    Guru olahraga Belandalah yang mengajarkan dan memperkenalkannya. Oleh karena itu, olahraga ini mulai dimainkan di luar ruangan oleh tentara Belanda. Alhasil, pertandingan bola voli ini disaksikan banyak orang, termasuk masyarakat Indonesia.

    Untuk memiliki manajemen yang baik, maka terdapat organisasi yang mengawasi perkembangan setiap cabang olahraga, termasuk bola voli. Dalam skala internasional, permainan ini diatur oleh Federasi Bola Voli Internasional (FIVB). Sebelumnya lembaga ini didirikan di Perancis. Namun saat ini FIVB bermarkas di Swiss.

    Sedangkan di kancah nasional, bola voli dimainkan oleh Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI) yang bermarkas di Jakarta. Kompetisi bola voli nasional dinamakan Kompetisi Proliga yang diadakan setiap tahun.

    C.Teknik Dasar Permainan Bola Voli

    Tentunya komputer memerlukan teknik tertentu saat bermain bola voli. Ini tidak bisa menjadi teknik apa pun. Ya, hampir semuanyaBagaimanapun Teknik apa saja yang perlu Anda kuasai dalam permainan ini? Setidaknya ada empat teknik dasar yang harus Anda pahami, yaitu servis.melewati, menghalangi,Veuntuk menghancurkan.Kita akan membahasnya bersama-sama di bawah ini.

    1. Pelayanan Bola Voli

    Awalnya, servis adalah awal dari permainan bola voli. Teknik ini seolah menjadi cara menyajikan bola untuk mewujudkan permainan. Namun teknik servis ini menjadi serangan pertama tim yang mendapat giliran melakukan servis.

    Oleh karena itu, servis dapat menentukan jalannya pertandingan, sehingga pukulan Anda dari luar lapangan harus tepat dan kuat. Jika PC tidak bisa melakukan servis dengan baik, tim Anda tidak akan memiliki peluang untuk mencetak gol.

    Dia mengatakan pentingnya layanan ini sering diabaikan.penurunan nilai. Banyak pelatih yang tidak secara khusus mengajarkan cara mengeksekusi servis mematikan sehingga servis tersebut menjadi peluang perebutan poin. Cara dasar melakukan servis adalah dengan menempatkan kaki Anda di belakang garis lapangan.

    Jenis layanan berikut ini adalah:

    A. Semua Layanan

    Bagi yang masih pemula, layanan jenis ini sangat cocok untuk Anda para PC. Cara melakukan servis dari bawah adalah dengan memegang bola dengan tangan kiri. Posisikan tangan kiri ke depan namun sejajar dengan pinggang.

    Kemudian jabat tangan kanan yang sebelumnya Anda kepalkan untuk memukul bola dari bawah. Pastikan genggaman Anda benar agar tidak menimbulkan rasa sakit pada tangan Anda.

    B.Layanan Terbaik

    Cara melakukan servis ini adalah dengan mengangkat bola ke atas kepala dengan tangan kiri lalu memukul bola dengan telapak tangan menggunakan tangan kanan. Ada tiga jenis teknik pelayanan unggul ini. Pertama adalah pelayanan terbaik. Nantilayanan terapung Vemelewatkan layanan.


    C. Pelayanan Terapung atau Layanan Pelampung

    Untuk melakukan servis ini, komputer melempar bola ke atas kepalanya dengan tangan kiri. Lempar secukupnya dan jangan biarkan diri Anda mendapat masalah. Dalam keadaan bola masih berada di atas kepala, tangan kanan memukul bola hingga melewati tepi atas gawang.

    D. Layanan Lompat atau Lompat Antar-Jemput

    Pelayanan seperti ini hampir samalayanan terapung. Satu-satunya perbedaan adalah Anda melompat dan memukul bola dengan keras saat bola masih berada di atas kepala Anda.

    2. Passing dalam Permainan Bola Voli

    Teknikterakhir Ini melayani banyak tujuan. Jika Anda menerima bola dari tim lawan, Anda bisa menggunakan teknik ini untuk menerima bola, menangkis serangan, dan melakukan serangan balik ke area pertahanan lawan. Denganterakhir,Anda juga bisa mengontrol permainan dengan menentukan strategi tanpa bola jatuh ke area tim Anda.

    berbagai spesiesterakhir adalah sebagai berikut:

    A. Melewati Di atas

    Terakhir Over umumnya digunakan ketika bola berada di atas. Umumnya,terakhirHal ini dimaksudkan untuk memberikan feedback yang manis kepada rekan satu tim yang akan melakukan hal tersebut.untuk menghancurkan ke area lawan. cara yang harus dilakukanterakhirTipe ini menggunakan kedua tangan. Hal ini seperti memungut bola sebentar dengan kedua tangan lalu melemparkannya kembali ke atas atau ke arah pasangan Anda yang sudah siap melakukannya.untuk menghancurkan.


    B. Menurun

    Saat bola turun, under pass sangat diperlukan. Anda dapat melakukan ini dengan satu tangan atau kedua tangan. Disesuaikan dengan kebutuhan.

    Underpass satu tangan dilakukan pada saat pemain berada dalam situasi sulit, bola jauh dari pemain, atau pada saat menerima serangan mendadak sebagai refleks.

    Umumnya pemain memposisikan badannya dengan mencondongkan tubuh ke depan, mencondongkan tubuh ke depan, dan mengulurkan satu tangan ke arah datangnya bola.

    Bahkan tidak jarang pemain bola voli melompat dan terjatuh saat melakukan operan tersebut. Semua ini untuk menjaga atau mengembalikan bola.

    Sedangkan underpass dua tangan biasanya dilakukan ketika bola mendarat tepat di depan pemain bola voli.

    Oleh karena itu, pass ini lebih sering digunakan dalam kondisi yang lebih nyaman dibandingkan dengan pass bawah dua tangan. Bagian ini terbagi menjadi dua jalur; jempol telapak tangan dan pilih.

    Caranya dengan mengepalkan tangan kiri, dengan ibu jari di telapak tangan. Kemudian letakkan di telapak tangan kanan Anda dan pegang. Jempol kanan dan kiri terletak di telapak tangan kanan dan kiri.

    Sedangkan untuk menggali, telapak tangan kanan diletakkan di atas telapak tangan kiri. Kemudian ibu jari tangan kiri menggenggam jari tangan kanan.

    C. Pecah

    Smash adalah teknik yang digunakan untuk menyerang. Seringkali diterima bahwa tembakan menentukan kualitas serangan suatu tim. Oleh karena itu, teknik ini memerlukan naluri pembunuh yang sangat tajam. Tak hanya itu, teknik ini memerlukan konsentrasi, ketelitian dan kekuatan.

    Jika PC ingin menembak, Anda harus berlari, melompat dengan kuat, menendang bola, dan ingat untuk mendarat dengan baik. Cara ini hampir mirip dengan skip serve. Smash menjadi momen yang paling dinantikan penonton.

    Teknik ini sangat penting dalam permainan bola voli. Tim dengan kemampuan menembak lebih baik memiliki peluang menang lebih besar. Namun banyak orang yang mengakui bahwa mempelajari teknik ini adalah tantangan terbesarnya.

    D. Pemblokiran


    Bagaimana cara memblok tembakan lawan? Teknik pemblokiran adalah jawaban pertama. Tak hanya itu, teknik ini juga bisa digunakan untuk membuat serangan lawan memantul ke arahnya.

    Ketika bola tembakan lawan mengenai bloking tim Anda, maka bola akan memantul ke arah pertahanannya.

    Agar pemblokiran Anda berhasil, komputer harus berada di dekat jaringan. Semakin dekat jarak PC ke net, semakin sempit ruang gerak lawan.

    Begitu bola berada dalam jangkauan tembakan lawan, PC harus segera melompat dan mengangkat kedua tangan ke atas. Dengan meregangkan jari, area pemblokiran diperbesar.

    Baca Juga: Pengertian Seni Rupa: Unsur, Teknik, Fungsi dan Contohnya

    D. Peraturan Permainan Bola Voli

    Selain mempelajari teknik, komputer juga perlu memahami aturan permainan bola voli. Jadi kalian bisa bermain bola voli dengan baik nantinya. Apa yang bisa Anda lakukan, apa yang tidak bisa Anda lakukan, penghitungan skor, dll. ada. Dengan memahami aturan, Anda dapat mengukur dan memahami bagaimana permainan akan diatur.

    Aturan bermain bola voli adalah:

    1. Permainan ini dimainkan oleh dua tim yang saling berhadapan.

    2. Setiap tim dimainkan oleh enam orang pemain yang menempati posisi pemukul, pemain bertahan, libero, dan pelempar.

    3. Pemain di posisi Libero memakai seragam yang berbeda dari anggota tim lainnya.

    4. Libero tidak diperbolehkan melakukan servis, mengubah posisi, atau memukul bola.

    5. Setidaknya empat pemain bermain dalam satu tim.

    6. Permainan dimulai dengan servis pertama oleh tim yang memenangkan lemparan koin.

    7. Pelayanan dilakukan dari luar garis lapangan. Dan bola harus melewati net, tidak menyentuh net sama sekali.

    8. Jika bola keluar batas, maka dinyatakan keluar permainan.

    9. Pemain dapat menerapkan teknik apa pun hanya di areanya sendiri. Pemain tidak diperbolehkan memasuki area lawan.

    10. Bola dianggap masuk dalam batas bila menyentuh tanah lapangan dan masih berada di dalam garis lapangan.

    11. Seluruh bagian tubuh dapat digunakan untuk memantul atau memukul bola. Namun yang paling dominan adalah menggunakan tangan.

    12. Pemain tidak boleh menangkap atau melempar bola.

    13. Pertandingan bola voli berlangsung 2 hingga 3 set. Jika sebuah tim memenangkan dua set berturut-turut, mereka muncul sebagai pemenang instan. Namun jika skor imbang 1-1, permainan dilanjutkan menjadi tiga set.

    14. Tim pertama yang mencetak 25 poin memenangkan set tersebut.

    15. Jika skor imbang 24-24 pada set tersebut, pemenang akan ditentukan bukan oleh siapa yang mencapai 25 poin terlebih dahulu, namun oleh tim mana yang unggul dua poin terlebih dahulu.

    16. Pergantian pemain dapat dilakukan pada saat pertandingan sedang berlangsung.


    Buku Pakar Bola Voli ini menjelaskan. Buku ini membahas tentang seluk beluk permainan bola voli. Dalam buku ini kita dapat mengetahui dan memahami sejarah perkembangan olahraga bola voli, teknik dasar jenis-jenis bola voli, tips-tips menjadi atlet bola voli serta profil pemain-pemain legendaris di dunia bola voli.

    E. Peralatan Permainan Bola Voli

    Beberapa perlengkapan yang diperlukan untuk bermain bola voli adalah:

    1. Bola Voli

    Alat terpenting dalam permainan ini adalah bola voli. Lalu apakah komputer harus memahami jenis bola apa yang digunakan dalam bola voli?

    Jika kita cermati informasi FIVB, umumnya bola voli terbuat dari dua jenis bahan yaitu kulit dan karet. Bola voli tradisional mayoritas terbuat dari bahan kulit berkualitas pilihan. Oleh karena itu, tidak heran jika bola voli tradisional terkenal lembut dan tahan lama.

    Di era modern ini, sebagian besar bola voli terbuat dari bahan karet. Selain banyaknya bahan karet, pengendalian ukuran bola juga lebih mudah jika menggunakan bahan sol karet.

    Bola voli standar yang ditentukan oleh FIVB harus berbentuk bulat sempurna dan berdiameter 18-20 cm. Tekanan udara yang masuk sebaiknya antara 4,26-4,61 hPa/psi. Jadi berat bola setelah dipompa adalah sekitar 260-280 gram.

    2. Bola Voli Bersih

    Fungsi net dalam permainan bola voli adalah sebagai pembatas. Jaring sangat penting karena wasit sering kali menggunakan jaring sebagai parameter untuk menentukan tim mana yang akan mencetak gol. Untuk lebih jelasnya kita bisa melihat spesifikasi jelas yang dipatok oleh FIVB:

    • Tinggi net bola voli putra : 2,43 m

    • Tinggi net bola voli putri : 2,24 m

    • Panjang jaring : 1 m

    • Panjang bersih: 9m

    • Lebar pita samping jaring: 5cm

    • Jarak dari tiang net ke tepi lapangan: 0,5–1 m

    • Tinggi antena: 80cm di atas net

    • Ukuran bersih: 10cm (bentuk persegi)

    3. Lapangan Bola Voli

    • Ukuran lapangan: 9 mx 18 m

    • Area servis: 3 m di belakang garis lapangan

    • Area serangan: 3 m dari garis tengah

    • Lebar garis lapangan : 5 cm

    Demikianlah pembahasan mengenai permainan bola voli komputer. PC tidak pernah lelah menjadi #UnlimitedFriends untuk Anda, menawarkan pilihan buku terbaik kami.


    Coba cari lagi apa yang ada inginkan pada kolom berikut: DMCA.com Protection Status
    Bantu Apresiasi Bantu berikan apresiasi jika artikelnya dirasa bermanfaat agar penulis lebih semangat lagi membuat artikel bermanfaat lainnya. Terima kasih.
    Donasi
    Hallo sobat panduan code, Anda dapat memberikan suport kepada kami agar lebih semangat dengan cara dibawah ini.

    Dana : 085972737000
    PAYPAL : Panduan Code
    Done
    Color Picker
    Silahkan gunakan tools color picker berikut gratis untuk Anda, salam Admin Panduan Code.

    Pilih Warna

    Done