Benda yang ditarik lemah oleh magnet disebut? Inilah Jawabannya –magnet Hal ini sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya saj...
Daftar Isi [Tampil]

    Benda yang ditarik lemah oleh magnet disebut? Inilah Jawabannya –magnet Hal ini sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya saja jika Anda melihat dekorasi di lemari es.

    Benda tersebut mungkin menempel karena pengaruh magnet. Nah, tahukah kamu apa nama benda yang tertarik lemah oleh magnet?



    Ciri-Ciri Umum Magnet

    Seperti yang anda ketahui, magnet merupakan suatu benda yang dapat menarik benda lain disekitarnya, namun magnet hanya dapat menarik benda yang mengandung unsur material tertentu saja, misalnya saja besi.

    Magnet pertama kali ditemukan oleh orang Yunani di wilayah Magnesia (sekarang disebut Manisa di Turki) sekitar 2000 tahun yang lalu.

    Ternyata selain bahan yang dapat tertarik kuat terhadap magnet atau tidak tertarik magnet sama sekali, ada juga bahan yang dapat tertarik lemah terhadap magnet.

    Benda dan bahan ini disebut paramagnetik. Pernyataan yang benar mengenai sifat-sifat kutub magnet adalah sebagai berikut.

    Baca Juga: Bunyi Yang Beraturan Dan Memiliki Frekuensi Tertentu Disebut

    Apa Itu Paramagnetisme?

    Secara umum, sifat paramagnetik suatu material cenderung memperoleh sifat magnet yang lemah bila bersentuhan dengan medan magnet.

    Atau bahasa lain mempunyai kepekaan positif terhadap medan magnet tetapi lemah.

    Contoh bahan yang bersifat paramagnetik adalah aluminium, tembaga, dan platina.

    Sebagai percobaan sederhana, jika magnet ditempelkan pada panci maka akan mudah untuk mengambilnya karena magnet tidak menempel erat pada aluminium.

    Ini merupakan sifat mudah suatu benda paramagnetik, sedangkan jika tolak menolak sempurna disebut diamagnetik. Contoh benda diamagnetik adalah emas, seng, dan merkuri.

    Struktur Benda Paramagnetik

    Secara ilmiah, paramagnetik dapat terjadi jika terdapat setidaknya satu spin elektron tidak berpasangan pada atom atau molekul suatu bahan.

    Hal inilah yang akan memberikan benda paramagnetik momen magnetik elektron. Setiap atom yang tidak berpasangan sebenarnya adalah magnet kecil dalam suatu material.

    Ketika terkena medan magnet luar, putaran elektron yang tidak berpasangan sejajar dengan medan magnet dan dengan demikian benda paramagnetik tertarik ke medan tersebut.

    Namun, tanpa adanya medan magnet luar, putaran elektron menjadi acak kembali.

    Dengan demikian Panduancode.com dapat menyimpulkan bahwa benda yang tertarik lemah oleh magnet disebut paramagnetik.

    Paramagnetik adalah bahan yang memiliki sifat paramagnetik lemah hanya jika diterapkan medan magnet luar.

    Semoga artikel ini bermanfaat ya.

    Coba cari lagi apa yang ada inginkan pada kolom berikut: DMCA.com Protection Status
    Bantu Apresiasi Bantu berikan apresiasi jika artikelnya dirasa bermanfaat agar penulis lebih semangat lagi membuat artikel bermanfaat lainnya. Terima kasih.
    Donasi
    Hallo sobat panduan code, Anda dapat memberikan suport kepada kami agar lebih semangat dengan cara dibawah ini.

    Dana : 085972737000
    PAYPAL : Panduan Code
    Done
    Color Picker
    Silahkan gunakan tools color picker berikut gratis untuk Anda, salam Admin Panduan Code.

    Pilih Warna

    Done