Cara Memperbaiki Lcd Yang Rusak - Di zaman yang semakin modern ini, ponsel layar sentuh sudah menjadi kebutuhan primer bagi penggunanya. Ham...
Daftar Isi [Tampil]

    Cara Memperbaiki Lcd Yang Rusak - Di zaman yang semakin modern ini, ponsel layar sentuh sudah menjadi kebutuhan primer bagi penggunanya. Hampir semua orang menggunakan ponsel layar sentuhalat ibu. Salah satu komponen penting pada ponsel tersebut adalah LCD atau Liquid Crystal Display. Sayangnya LCD ponsel layar sentuh seringkali menemui berbagai masalah seperti tergores, retak, pecah dan tertekan dalam penggunaan sehari-hari. Masalah ini tentunya sangat mempengaruhi kinerja ponsel karena membuatnya tidak ideal. Lalu bagaimana cara memperbaiki LCD ponsel yang rusak?

    Nah, kali ini kita akan membahas secara lengkap berbagai jenis kerusakan pada LCD PC dan cara memperbaiki LCD HP yang sudah aus. Ayo, lihat ini!

    Jenis Kerusakan Yang Biasa Terjadi Pada LCD HP

    LCD ataulayar ponsel rusak Tentu saja hal ini akan membuat Anda marah dan bingung. Pasalnya, LCD yang bermasalah cukup mengganggu jika smartphone digunakan untuk keperluan penting seperti bekerja atau hal lainnya. Sebaiknya segera ganti layar LCD ponsel yang terdapat tumpang tindih, garis dan bayangan, serta blank berwarna hitam namun cerah. Padahal, untuk mengganti LCD membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

    Oleh karena itu, sebelum Anda mempelajari cara memperbaiki LCD ponsel yang stres dan rusak karena terjatuh, ada baiknya Anda mengetahui jenis-jenis kerusakan apa saja yang sering terjadi pada LCD ponsel di bawah ini.

    1. Piksel Mati

    Salah satu jenis kerusakan LCD adalah dead pixel. Dead pixel adalah titik atau noda hitam pada LCD HP. Awalnya, bintik hitam ini mungkin berukuran kecil, namun lama kelamaan bisa menyebar dan menyebar ke area lain di layar. Oleh karena itu, jika Anda memiliki titik-titik hitam di layar LCD Anda, jangan anggap enteng karena dapat menimbulkan masalah baru cepat atau lambat.

    Cara memperbaiki LCD hp yang stress dan menyebabkan dead pixel adalah dengan menginstal aplikasi khusus. Namun jika cara memperbaiki LCD HP yang hitam sebagian ini tidak berhasil dan noda semakin menyebar, maka tidak ada jalan lain selain mengganti LCD HP dengan yang baru.

    2. Sentuhan Hantu

    Jenis kerusakan LCD yang kedua adalah ghost touch. Hal ini terjadi ketika layar smartphone bergerak dan menjalankan perintah sendiri tanpa disentuh. Ponsel pintar dapat melakukan segala macam aktivitas tanpa kendali.

    Biasanya ghost touch terjadi karena arus listrik yang berlebihan pada ponsel sehingga dapat mempengaruhi kinerja LCD. Selain itu, keadaan ini juga terjadi karena tegangan listrik yang tinggi dan kerusakan pada charger.

    Untuk mencegah terjadinya ghost touch, usahakan selalu menggunakan charger original dan hindari charger KW yang berpotensi merusak perangkat ponsel Anda. Jika ghost touch terus terjadi dan mulai mempengaruhi performa smartphone, mungkin sudah saatnya LCD diganti karena LCD lama sudah rusak dan tidak layak pakai.

    3. Bergetar

    Layar smartphone yang bergaris dan berwarna merupakan kerusakan LCD yang paling umum terjadi pada ponsel. Layar yang berisi garis vertikal dan horizontal sering disebut berkedip. Keadaan ini cukup meresahkan karena layar ponsel tidak terlihat jelas dan membuat mata sakit.

    Berkedip bisa disebabkan oleh berbagai sebab seperti ponsel terjatuh, layar LCD ponsel tertekan, atau kepanasan.perangkat. Kegagalan mengendalikan kedipan dapat menyebabkan layar mati total atau berubah menjadi putih.

    Cara mengatasi layar HP berkedip-kedip bisa dilakukan dengan mendinginkan layar dan mengeringkannya beberapa saat. Namun jika kedipan tersebut parah dan sulit diatasi, cara memperbaiki LCD HP yang aus dan berkedip adalah dengan menggantinya.

    4. Layar Tidak Sensitif

    Pernahkah Anda menghadapi situasi dimana layar ponsel tidak lagi sensitif terhadap sentuhan? Kemungkinan hal ini disebabkan oleh layar LCD yang terjatuh atau teregang. Layar ponsel yang sulit merespon perintah tentu sangat merugikan performatelepon genggam. Dalam kasus yang jarang terjadi, hal ini juga memicu emosi pengguna.

    Cara mengatasi LCD hp yang stress dan tidak sensitif adalah dengan mematikannya beberapa saat. Biarkan ponsel beristirahat sejenak. Namun jika cara ini tidak efektif, maka mengganti LCD ponsel bisa menjadi solusinya.

    5. Miliknya

    Jenis kerusakan LCD berikutnya adalah layar tergores atau tergores. Biasanya goresan pada layar ponsel disebabkan oleh kelalaian pengguna dalam menyimpan atau meletakkan ponsel. Misalnya saja meletakkan ponsel di saku celana, dompet kecil, atau di tempat yang sangat sempit. Layar ponsel juga bisa tergores jika terbentur tombol atau benda tajam lainnya. Ponsel anti gores pun terkadang bisa rusak jika penggunanya sembarangan meletakkan ponselnya.

    Layar ponsel yang tergores pasti akan merusak tampilan ponsel. Tidak jarang layar tergores dan layar tidak lagi sensitif terhadap sentuhan. Untuk menghindarinya, gunakanlah tempered glass atau case yang menutupi seluruh layar. Selain itu, selalu pastikan untuk menyimpan ponsel Anda di tempat yang aman, jauh dari benda-benda yang berisiko tergores.

    Baca Juga: Cara Memperbaiki Hardisk Yang Tidak Terbaca Di Laptop

    Cara Memperbaiki LCD HP Stress

    LCD yang tertekan dan rusak dapat dicegah dengan beberapa cara; Salah satunya adalah dengan menjaga dan menyimpan ponsel di tempat yang aman. Namun bagaimana jika layar LCD ponsel terlanjur stres dan rusak? Berikut cara memperbaiki LCD ponsel rusak yang perlu Anda ketahui.

    1. Selidiki sumber masalahnya pada layar ponsel

    Salah satu cara memperbaiki LCD ponsel yang rusak adalah dengan memeriksa sumber masalah yang terjadi pada layar ponsel. Cari tahu dengan jelas apa penyebab kerusakan layar tersebut. Apakah layar rusak karena tekanan, terjatuh, atau sebab lainnya?

    Perlu diketahui bahwa tekanan yang diberikan pada layar LCD dapat mengurangi fungsi ponsel, khususnya layar sentuh. Setelah menemukan penyebabnya, periksa juga kondisi layar secara menyeluruh. Jika terjadi kerusakan serius pada LCD, segera bawa ponsel Anda ke pusat layanan terpercaya untuk diperbaiki. Layar LCD yang rusak parah sulit diperbaiki sendiri sehingga memerlukan bantuan ahlinya.

    2. Lakukan Kalibrasi Layar Sentuh

    Cara mengatasi LCD hp rusak selanjutnya adalah dengan melakukan kalibrasi pada layar sentuh. Namun cara ini hanya bisa dilakukan jika layar ponsel yang dicetak masih sedikit berfungsi. Artinya kerusakan pada layar tidak terlalu parah dan bisa diperbaiki.

    Kalibrasi layar sentuh dilakukan menggunakan aplikasi. Saat ini aplikasi kalibrasi layar sentuh dapat diunduh secara gratis di Google Playstore. Jika masih terdapat error pada layar ponsel setelah mencoba cara ini, Anda bisa membawanya ke service center ponsel untuk mendapatkan penanganan yang lebih tepat.

    3. Periksa Pelindung LCD

    Apakah Anda menggunakan pelindung LCD untuk layar ponsel Anda? Jika iya, Anda bisa mengecek pelindungnya saat menekan LCD. Ada kemungkinan pelindung LCD anti gores yang Anda gunakan tidak terpasang dengan benar sehingga layar bisa meregang. Atau Anda bisa memasang pelindung layar saat masih ada kotoran di dalamnya.

    Jika demikian, lepas pelindung LCD dari ponsel lalu ganti dengan pelindung baru. Pastikan pelindung yang digunakan terpasang dengan benar agar tidak menimbulkan masalah baru.

    4. Sajikan bila perlu

    Terakhir, cara memperbaiki LCD ponsel yang rusak adalah dengan menjaga ponsel tetap pada tempatnya. Anda bisa menjelaskan secara detail kerusakan layar yang terjadi pada ponsel dan meminta teknisi untuk menggunakan smartphone dengan benar.

    Untuk hasil yang maksimal, bawalah smartphone Anda ke service center ponsel resmi brand Anda. Seringkali layar LCD yang rusak perlu diganti dengan yang baru. Pasalnya, LCD merupakan komponen ponsel yang sangat vital dan berpotensi membahayakan jika rusak. Namun salah satu resiko yang mungkin terjadi ketika Anda mengganti LCD ponsel Anda adalah performa ponsel Anda bisa menurun dibandingkan dengan yang lama.

    Pertanyaan Umum Cara Memperbaiki LCD HP Stress

    Permasalahan layar ponsel rusak dan aus merupakan hal yang lumrah terjadi di masyarakat. Hal ini kemudian menimbulkan sejumlah pertanyaan di kalangan masyarakat mengenai cara memperbaiki LCD ponsel yang rusak. Di bawah ini adalah daftar pertanyaan dan jawaban.

    1. Bagaimana Cara Mengatasi Layar HP Berkedip?

    Cara mengatasi layar HP berkedip-kedip karena tertindih atau tertekan adalah dengan memeriksa kondisi layar, melakukan kalibrasi layar sentuh dan membawanya ke service center jika diperlukan. Secara umum, layar berkedip bisa diatasi dengan mendinginkan ponsel beberapa saat atau mengkalibrasi layar sentuh dengan aplikasi. Namun jika upaya tersebut tidak berhasil, penggantian layar LCD ponsel bisa menjadi pilihan.

    2. Bagaimana cara memperbaiki layar ponsel yang terhapus?

    Layar ponsel yang diupgrade pasti sangat mempengaruhi kinerja ponsel tersebut. Namun tidak bisa dipungkiri hal ini sering terjadi di masyarakat. Biasanya LCD atau layar terangkat terjadi karena baterai membengkak. Solusinya adalah dengan mengganti baterai dengan baterai yang baru. Namun, jika cara ini tidak berhasil, mengganti LCD mungkin merupakan pilihan terbaik.

    3. Bagaimana cara mengatasi layar hitam di bagian samping ponsel Anda?

    Layar HP hitam di satu sisi biasanya disebabkan oleh layar LCD yang rusak. Namun, terkadang hal ini mungkin disebabkan oleh alasan lain. Anda dapat mencoba mengatasi keadaan ini dengan melakukan reset ulang pada ponsel Anda selama beberapa menit dan kemudian menyalakannya kembali. Jika cara ini tidak berhasil, bawalah ke pusat layanan ponsel. Ketika LCD tidak bisa diperbaiki, mau tidak mau LCD ponsel harus diganti.

    4. Bagaimana Cara Memperbaiki LCD HP Rusak?

    Cara memperbaiki LCD ponsel yang melar hingga pecah adalah dengan mengganti LCD tersebut. LCD yang rusak akan menyebabkan layar sentuh tidak berfungsi normal. Apalagi jika hampir semua bagian ponsel rusak, biasanya ponsel tersebut tidak bisa digunakan kembali. Segera bawa ponsel ke pusat layanan dan ganti LCD dengan layar yang sesuai.

    5. Bagaimana jika ada garis dan bayangan di layar ponsel?

    Layar hp yang bergaris dan berbayang merupakan salah satu jenis kerusakan LCD hp yang mengganggu. Dalam hal ini, garis dan bayangan hitam atau putih muncul di layar smartphone. Layar bergaris akan semakin terlihat saat ponsel dioperasikan membuka aplikasi atau melihat foto.

    Biasanya kerusakan ini terjadi akibat ponsel terjatuh atau tertindih sehingga mengakibatkan kerusakan pada LCD. Cara mengatasinya adalah dengan mengganti layar LCD smartphone. Namun jika menurut Anda cara ini cukup mahal, Anda bisa menginstal aplikasi Blue Light Filter untuk menambal piksel bergaris dan bayangan di layar. Namun tidak semua kerusakan LCD bisa diatasi dengan cara ini. Mau tidak mau, jika macet, layar LCD smartphone perlu diganti.

    Itulah jenis-jenis kerusakan LCD dan cara memperbaiki LCD ponsel yang rusak. Memperbaiki layar LCD yang rusak atau retak memang tidak mudah. Meski biayanya tidak sedikit, namun cara yang paling mudah adalah dengan mengganti LCD. Anda dapat membeli untuk meminimalkan risiko ini.asuransi ponsel pintar Ini melindungi ponsel dari risiko kehilangan dan risiko pecah atau rusaknya layar. Yuk dapatkan informasi berbagai penawaranasuransi telepon seluler menarik di PC Blog dan Aplikasi!


    Coba cari lagi apa yang ada inginkan pada kolom berikut: DMCA.com Protection Status
    Bantu Apresiasi Bantu berikan apresiasi jika artikelnya dirasa bermanfaat agar penulis lebih semangat lagi membuat artikel bermanfaat lainnya. Terima kasih.
    Donasi
    Hallo sobat panduan code, Anda dapat memberikan suport kepada kami agar lebih semangat dengan cara dibawah ini.

    Dana : 085972737000
    PAYPAL : Panduan Code
    Done
    Color Picker
    Silahkan gunakan tools color picker berikut gratis untuk Anda, salam Admin Panduan Code.

    Pilih Warna

    Done