Cara Memperbaiki Mesin Cuci Tidak Berputar -  Mesin cuci merupakan salah satu perangkat elektronik yang sangat berguna untuk menunjang rutin...
Daftar Isi [Tampil]

    Cara Memperbaiki Mesin Cuci Tidak Berputar - Mesin cuci merupakan salah satu perangkat elektronik yang sangat berguna untuk menunjang rutinitas rumah tangga, apalagi jika menggunakan mesin cuci 1 tabung yang bekerja secara otomatis. Oleh karena itu sebaiknya anda merawat mesin cuci anda dan menggunakannya secara rutin dan hati-hati agar kinerjanya sempurna dan tidak mudah rusak. Salah satu permasalahan pada mesin cuci adalah mesin cuci tidak berputar. Permasalahan yang menyebabkan mesin cuci tidak berputar harus segera diatasi agar mesin cuci dapat digunakan kembali.

    Simak di bawah ini berbagai penyebab mesin cuci tidak berputar agar Anda bisa mengatasi permasalahan tersebut dengan tepat. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini!


    Berbagai Alasan Mengapa Mesin Cuci Tidak Berputar

    Masalah mesin cuci tidak berputar biasanya disebabkan oleh beberapa hal berikut ini.

    • Kabel Mesin Cuci Rusak
      Masalah kabel mesin cuci merupakan penyebab mesin cuci tidak berputar yang paling umum dan sering dialami oleh banyak orang. Biasanya hal ini disebabkan oleh gigitan tikus yang masuk ke dalam mesin cuci.

    • Kapasitor Mesin Cuci Terbakar
      Komponen kapasitor pada mesin cuci berfungsi untuk menghasilkan daya listrik tambahan agar motor dinamo dapat berputar. Seringkali kapasitor rentan terbakar seiring bertambahnya usia mesin cuci, terutama jika mesin digunakan setiap hari. Alhasil, mesin cuci tidak berputar dan menghambat aktivitas Anda. Salah satu tanda kapasitor terbakar adalah munculnya bunyi bising meskipun tabung pengering tidak berputar.

    • Dinamo Mesin Cuci Rusak
      Selain kapasitor yang rusak, masalah dinamo yang rusak juga bisa menjadi penyebab mesin cuci tidak berputar. Sebenarnya kerusakan dinamo bukanlah hal yang mengherankan karena komponen ini sensitif terhadap air.

    • kunci pintu Rusak
      kunci pintu merupakan komponen yang letaknya berdekatan pengatur waktu. Komponen ini mungkin rusak jika sensor terkena air.kunci pintu Apa pun yang terkena air harus segera dikeringkan sebelum mencoba menghidupkan kembali mesin cuci. Jika mesin cuci masih tidak berputar berarti Anda perlu menggantinya kunci pintu dengan yang baru.

    • Mesin Cuci Ace Macet
      Kondisi poros mesin cuci juga tidak boleh diabaikan karena poros yang macet dapat membuat mesin cuci tidak dapat berputar.

    • Saklar Penutup Tidak bekerja
      1 bak mesin cuci bukaan depan (pramuat) Biasanya punya saklar tutup Berfungsi sebagai pendeteksi pintu mesin cuci. Kehadiran komponen ini membuat mesin cuci tidak bisa berputar jika pintunya masih terbuka. Kerusakan saklar tutup Hal ini akan menyebabkan mesin cuci tidak berputar meski pintunya tertutup rapat.

    • Beban Mesin Cuci Melebihi Kapasitas
      Jika mesin cuci diisi terlalu banyak cucian dan air, mesin tidak akan berputar. Bahkan, alasan tersebut juga menjadi penyebab mesin cuci mengeluarkan bunyi yang sangat mengganggu. Sebaiknya kurangi beban pada mesin cuci agar fungsinya kembali normal.

    • Permukaan Tanah Tidak Beraturan
      Banyak orang yang tidak menyadari bahwa meletakkan mesin cuci pada permukaan lantai yang tidak rata dapat menyebabkan mesin cuci tidak berputar. Masalah ini mungkin terjadi karena sensor pengering tersandung akibat perbedaan ketinggian lantai.


    Cara Memperbaiki Mesin Cuci Yang Tidak Berputar

    Jika Anda menemui masalah mesin cuci tidak berputar, pertama-tama jangan panik. Anda dapat melakukan hal berikut untuk mengatasi masalah tersebut.

    • Kurangi beban mesin cuci agar tidak melebihi kapasitasnya. Akan lebih baik jika Anda membagi proses pencucian dan pengeringan menjadi beberapa kali. Anda juga bisa mengatasi masalah ini dengan mengelompokkan pakaian berwarna putih, pakaian beraneka warna, dan pakaian yang cepat pudar lalu mencucinya secara terpisah. Kebiasaan ini menjamin hasil pencucian lebih bersih dan juga sangat efektif dalam membatasi beban pada mesin cuci.

    • Letakkan mesin cuci pada permukaan lantai yang rata dan kering. Kondisi lantai yang rata akan menunjang kinerja mesin cuci. Ngomong-ngomong, lantai juga harus kering agar bodi dan komponen mesin cuci tidak mudah rusak akibat terus-menerus terkena air.

    • Pastikan pintu mesin cuci tertutup sepenuhnya sebelum memulainya. Jangan biarkan pakaian terjepit atau terbebani sehingga pintu mesin cuci tidak tertutup rapat.

    • Mengganti komponen mesin cuci yang rusak agar mesin cuci dapat bekerja normal kembali; misalnya kapasitor, dinamo, as, kabel dan saklar tutup. Untuk mendeteksi kerusakan secara akurat, Anda harus memeriksa kondisi mesin cuci dengan cermat terlebih dahulu.

    Jika kerusakan pada mesin cuci Anda sudah tidak bisa diperbaiki lagi, sebaiknya Anda membeli mesin cuci yang baru agar cucian berjalan lancar. Salah satu rekomendasi Aqua Japan mesin cuci terbaik yang siap menunjang aktivitas Anda adalah Front Loading FQW-950BF 9kg Super Wash Series. Seri mesin cuci ini dilengkapi dengan berbagai fitur unggulan sebagai berikut.

    • 525 Drum:Diameter drum lebih besar hingga 525mm sehingga memudahkan memuat dan mengeluarkan cucian dalam jumlah besar tanpa risiko kusut dan kusut. Fitur ini memudahkan untuk membersihkan dan menyetrika pakaian dengan sempurna.

    • Menyegarkan: Air dipanaskan pada suhu 60-650C selama 5 menit hingga menjadi uap air yang meresap ke dalam serat pakaian, melembutkan dan menghilangkan bau. Aliran udara dingin kemudian dihasilkan untuk menyapu kotoran dan mengembalikan serat pakaian ke bentuk semula agar tidak kusut.

    • Terapi Anti-Bakteri (ABT): Perawatan anti bakteri eksklusif yang telah lulus uji VDE dan terbukti efektif menghilangkan 99,99% bakteri dan kuman.

    • Motor Inverter: Teknologi inverter ramah lingkungan Membuat suara mesin menjadi lebih lembut sehingga Anda merasa nyaman saat mencuci.

    • Semprotan Ganda:Sistem pembersihan otomatis yang diaktifkan dengan menyemprotkan air pada segel dan jendela di akhir setiap siklus untuk membersihkan residu atau kotoran yang mungkin tertinggal.

    • Uap: Air dipanaskan hingga suhu tinggi dengan memanaskan pipa dan menghasilkan uap desinfektan super. Uap ini efektif melindungi kesehatan keluarga karena mampu menghancurkan 99,9% bakteri, alergen, dan tungau.

    Selain mesin cuci Front Loading FQW-950BF 9kg Super Wash Series, Aqua Japan juga memiliki seri mesin cuci lainnya yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan. Yuk gunakan mesin cuci Aqua Japan yang berkualitas dan rawat dengan baik agar tidak mudah rusak.


    Coba cari lagi apa yang ada inginkan pada kolom berikut: DMCA.com Protection Status
    Bantu Apresiasi Bantu berikan apresiasi jika artikelnya dirasa bermanfaat agar penulis lebih semangat lagi membuat artikel bermanfaat lainnya. Terima kasih.
    Donasi
    Hallo sobat panduan code, Anda dapat memberikan suport kepada kami agar lebih semangat dengan cara dibawah ini.

    Dana : 085972737000
    PAYPAL : Panduan Code
    Done
    Color Picker
    Silahkan gunakan tools color picker berikut gratis untuk Anda, salam Admin Panduan Code.

    Pilih Warna

    Done