Karena sampah plastik tidak dapat diuraikan oleh mikroba di dalam tanah, maka dapat menyebabkan pencemaran tanah. Sebelum membahas lebih jau...
Daftar Isi [Tampil]

    Karena sampah plastik tidak dapat diuraikan oleh mikroba di dalam tanah, maka dapat menyebabkan pencemaran tanah. Sebelum membahas lebih jauh, ada baiknya Anda mengetahui apa itu sampah plastik.

    Plastik merupakan bahan yang tidak dapat terurai secara alami. Akibatnya, setelah penggunaan bahan tersebut, mikroba di dalam tanah menjadi sulit terurai sehingga dapat menyebabkan pencemaran lingkungan.

    Bahan yang tidak dapat terurai akan menjadi racun bagi makhluk hidup di lingkungan tersebut. Jika sampah dibiarkan begitu saja atau dibuang begitu saja, lambat laun hal ini dapat mengganggu kesuburan.



    Sampah Plastik Dapat Menyebabkan Pencemaran Tanah Karena Berbagai Sebab

    Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, salah satu alasan plastik menimbulkan polusi adalah karena plastik tidak dapat diuraikan oleh mikroba. Karena merupakan jenis bahan yang tidak dapat terurai secara alami.

    Sampah tersebut kemudian tertimbun di dalamnya sehingga menyebabkan kesuburan tanah menurun. Pasalnya, bahan kimia yang terdapat dalam limbah dapat merusak tanah.

    Limbah ini tidak akan musnah selama masih berada di dalam tanah selama 80 hingga 200 tahun. Hal ini tentu akan mengganggu pertumbuhan tanaman dan penyerapan air.

    Namun bila sampah tersebut dibakar akan menghasilkan asap beracun yang tentunya berbahaya bagi kesehatan. Hal tersebut dapat memicu berbagai macam penyakit, antara lain hepatitis, kanker, gangguan sistem saraf, dan lain-lain.

    Baca Juga: Suatu Zat Yang Menyebabkan Terjadinya Pencemaran Disebut

    Inilah Cara Mengurangi Penggunaan Plastik

    Ada berbagai cara untuk mencegah pencemaran tanah. Salah satunya dengan mengurangi penggunaan plastik. Kedengarannya sulit, tapi semuanya bisa dicoba.

    1. Gunakan tas yang dapat digunakan kembali

    Tentu saja banyak orang, termasuk Anda, pergi ke supermarket hampir setiap minggu. Tentu saja hal ini menyebabkan penggunaan kantong plastik terlalu banyak. Gunakan tas yang dapat digunakan kembali untuk mengurangi penggunaan.

    2. Pilih toko yang menggunakan kemasan kertas

    Alternatifnya, Anda bisa memilih lokasi belanja yang menggunakan kemasan kertas. Jadi jika Anda tidak memiliki tas yang bisa digunakan kembali, Anda bisa berbelanja di supermarket ini.

    3. Berhenti membeli minuman kemasan

    Yang suka membeli minuman dalam botol plastik sebaiknya berhenti sekarang. Sebaiknya gunakan botol minum sendiri agar tidak menimbulkan pencemaran tanah nantinya.

    4. Berhenti Menggunakan Sedotan Plastik

    Jika Anda makan di luar, sebaiknya jangan meminta sedotan. Sebab sedotan di tempat makan umumnya terbuat dari plastik. Lebih baik membawa sedotan sendiri, melainkan sedotan stainless steel yang dapat digunakan kembali.

    Kurangi penggunaan plastik dan jangan membuangnya sembarangan. Karena akan menimbulkan berbagai dampak negatif. Salah satunya sampah plastik dapat menyebabkan pencemaran tanah karena sulit diurai oleh mikroba.
    Coba cari lagi apa yang ada inginkan pada kolom berikut: DMCA.com Protection Status
    Bantu Apresiasi Bantu berikan apresiasi jika artikelnya dirasa bermanfaat agar penulis lebih semangat lagi membuat artikel bermanfaat lainnya. Terima kasih.
    Donasi
    Hallo sobat panduan code, Anda dapat memberikan suport kepada kami agar lebih semangat dengan cara dibawah ini.

    Dana : 085972737000
    PAYPAL : Panduan Code
    Done
    Color Picker
    Silahkan gunakan tools color picker berikut gratis untuk Anda, salam Admin Panduan Code.

    Pilih Warna

    Done