Bagi yang ingin mengetahui dan memahami jenis-jenis NIB dapat membaca artikel ini sampai selesai. NIB merupakan salah satu hal yang perlu An...
Daftar Isi [Tampil]

    Bagi yang ingin mengetahui dan memahami jenis-jenis NIB dapat membaca artikel ini sampai selesai.

    NIB merupakan salah satu hal yang perlu Anda perhatikan bagi para pebisnis yang ingin memulai usaha atau ingin memulai usaha. Setiap pelaku usaha wajib memiliki NIB atau Nomor Izin Usaha

    Dalam dunia usaha saat ini, memperoleh NIB atau Nomor Izin Berusaha ini merupakan suatu hal yang wajib dan tidak boleh diabaikan atau dilupakan oleh para pelaku usaha.



    Apa Itu NIB?

    Sebelum lanjut ke pembahasan utama yaitu jenis-jenis NIB, kita harus mengetahui dan memahami apa itu NIB.

    Nomor Izin Berusaha atau biasa disebut NIB merupakan tanda pengenal atau tanda pengenal yang diterbitkan oleh Lembaga OSS (Aplikasi Tunggal Online) bagi para pelaku usaha atau pelaku usaha bagi yang melakukan pendaftaran. Dan biasanya NIB memiliki 13 digit nomor dengan pengaman dan tanda tangan elektronik.

    Ketentuan penerbitan NIB OSS adalah Peraturan Pemerintah Nomor. Keputusan Nomor 24 Tahun 2018 tentang Pelayanan Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik. NIB bisa Anda dapatkan saat mendaftar dengan mengisi data OSS secara lengkap.

    NIB tidak hanya berfungsi sebagai tanda pengenal atau tanda pengenal saja, namun juga sebagai Angka Pengenal Importir (API), Tanda Daftar Perusahaan (TDP) dan hak akses kepabeanan. Manfaat NIB salah satunya adalah untuk membantu pengusaha atau pengusaha yang ingin melakukan kegiatan impor dan ekspor melalui perusahaannya sendiri.

    Namun tahukah Anda bahwa tidak semua perusahaan/perusahaan wajib memiliki NIB? Perusahaan yang tidak wajib memiliki NIB adalah perusahaan yang bergerak di sektor keuangan, pertambangan, gas alam, dan minyak.

    Jenis NIB

    Berikut kami jelaskan jenis-jenis NIB:

    Lebih jelasnya mengenai jenis-jenis NIB adalah sebagai berikut:

    1. NIB Perusahaan ke-1

    Jenis NIB yang pertama adalah NIB perusahaan. NIB jenis ini ditujukan untuk pelaku usaha berskala besar. Misalnya usaha Anda berbentuk perusahaan maka Anda akan mendapat NIB perusahaan tersebut.

    2. NIB Perorangan

    Selanjutnya jenis NIB yang disertakan adalah NIB individual. NIB jenis ini ditujukan langsung kepada pelaku usaha perseorangan yang hanya dimiliki oleh 1 (satu) orang saja. Misalnya saja usaha pertanian, usaha niaga dan usaha lainnya.

    3. NIB UMKM

    Jenis NIB yang terakhir adalah NIB UMKM. NIB jenis ini ditujukan langsung kepada pelaku UMKM. Jika Anda memiliki bisnis UMKM, Anda akan memperoleh banyak keuntungan dari segi perkembangan dan keberlangsungan bisnisnya.


    Fungsi dan Manfaat NIB

    Kepemilikan NIB merupakan sesuatu yang menguntungkan pemilik usaha, selain digunakan sebagai tanda pengenal usaha. Di bawah ini sederet fungsi dan manfaatnya.

    1. Sebagai Dokumen Hukum - Jenis NIB

    Dengan NIB (Nomor Izin Usaha) Anda dapat memperoleh dokumen hukum usaha lainnya dengan lebih mudah. Termasuk beberapa dokumen penting sebagai berikut:

    NPWP Perorangan dan Organisasi Bisnis

    RPTKA (Surat Persetujuan Rencana Penggunaan Tenaga Kerja Asing)

    Saya secara otomatis terdaftar sebagai anggota BPJS

    Dapatkan izin usaha. Salah satunya adalah izin kerja di bidang perdagangan (BPJS Ketenagakerjaan dan BPJS Kesehatan).

    1. Menerima pemberitahuan ketersediaan keuangan

    Jadi, Anda tidak perlu khawatir untuk mengurus dokumen-dokumen penting di atas; Dengan memiliki satu NIB saja, Anda dapat menyimpan beberapa atau berbagai dokumen hukum dalam satu ID.

    2. Proses Perizinan Berusaha Lebih Mudah dan Cepat – Jenis NIB

    NIB merupakan tanda pengenal atau tanda pengenal yang berfungsi untuk memudahkan Anda dalam pengurusan izin usaha. Hanya dengan mendapatkan dokumen ini. Semuanya bisa diproses dengan mudah dan cepat, bahkan dalam hitungan menit saja.

    Hal ini mungkin terjadi karena adanya NIB atau Nomor Izin Usaha dari lembaga perizinan lainnya. Jadi, ketika Anda membutuhkan izin usaha, izin komersial, NPWP, dan jenis izin lainnya tidak memakan waktu lama.

    3. Mendapatkan Perlindungan dan Kepastian – Jenis NIB

    Usaha atau usaha yang Anda kelola mendapat perlindungan hukum dan terjamin kepastiannya. Jadi Anda tidak perlu khawatir terjadi sesuatu yang bisa membebani Anda di kemudian hari.

    4. Mempermudah mendapatkan investasi dan mengajukan pinjaman - Jenis NIB

    Selain memudahkan Anda memperoleh dokumen sah usaha, memiliki NIB juga dapat memudahkan Anda mencari investor dan mengajukan pinjaman ke perusahaan pembiayaan. Peluang kemitraan jauh lebih besar jika memiliki NIB.

    Sebab, memiliki NIB merupakan salah satu ciri sah atau sahnya bisnis atau perusahaan Anda. Tanpa NIB, investor dan lembaga pembiayaan lainnya tidak akan segera memberikan bantuan.

    5. Bisnis Tampak Lebih Dapat Dipercaya – Jenis NIB

    NIB merupakan dokumen yang sah dan diakui secara hukum. Dengan adanya NIB, bisnis Anda akan dinilai memiliki kredibilitas yang lebih baik dibandingkan tanpa NIB. Akibatnya, bisnis Anda lebih mungkin menerima bantuan keuangan dari investor, bank, dan lembaga keuangan non-bank, dan pelanggan Anda mungkin lebih percaya diri dan bebas menggunakan barang atau jasa Anda.

    6. Mendapatkan Bantuan Bisnis – Jenis NIB

    Bagi Anda pemilik usaha mikro, memiliki NIB dapat membantu Anda mendapatkan bantuan atau pelatihan berusaha melalui program yang disediakan pemerintah.

    Baca Juga: Cara Mengecek NIB

    Syarat dan Ketentuan NIB – Jenis NIB

    Setelah mengetahui jenis-jenis NIB, selanjutnya kita akan membahas mengenai syarat dan ketentuan NIB.

    Pelaku usaha harus memiliki Izin Pemukiman, Izin Lingkungan, Izin Perairan, dan IMB.

    Memastikan laporan pajak pemilik atau penanggung jawab disusun dengan baik dan konsisten.

    Kegiatan usaha yang dilakukan tidak menimbulkan dampak terhadap lingkungan hidup (Jika usaha mempunyai dampak terhadap lingkungan hidup, maka wajib mencantumkan analisis dampak lingkungan hidup)

    Memahami segala jenis usaha yang dijalankan, baik UMKM, PT perorangan, maupun usaha yang modalnya berasal dari luar negeri.
    • BEN
    • NPWP
    • Zona Email aktif dan nomor telepon aktif
    Cara Daftar NIB – Jenis-Jenis NIB

    Setelah mengetahui jenis-jenis NIB, kita akan membahas cara pencatatan NIB.

    Berikut kami jelaskan cara daftar NIB online:
    • kunjungan pertama https://oss.go.id/
    • Lalu pilih ENTER
    • Kemudian masukkan Username dan Password beserta Captcha yang tertera lalu klik tombol SIGN IN.
    • Klik Menu Perizinan Berusaha dan pilih Permohonan Baru
    • Data Pelaku Pekerjaan Lengkap
    • Data Bisnis Lini Lengkap
    • Lengkapi data area bisnis secara detail
    • Data produk dan layanan yang lengkap untuk area bisnis
    • Periksa Daftar Produk dan Layanan
    • Periksa Data Bisnis
    • Cek Checklist Kegiatan Usaha dan Dokumen Persetujuan Lingkungan Hidup Lengkap (KBLI dan Wilayah Usaha Tertentu)
    • Pahami dan Cek Deklarasi Independen Cek Draf Izin Usaha
    NIB diterbitkan

    Kelebihan dan Kekurangan NIB

    Setelah memahami dan mempelajari tentang jenis-jenis NIB dan pembahasan lainnya, sayang sekali jika kita tidak membahas kelebihan dan kekurangan NIB.

    Keunggulan NIB:

    Mempermudah Proses Perizinan: NIB digunakan sebagai nomor identifikasi resmi yang menggantikan beberapa nomor izin lainnya sehingga dapat mempermudah dan mempercepat proses perizinan dan pengurusan dokumen usaha.

    Meminimalkan Biaya: Dengan NIB, pelaku komersial tidak perlu lagi membayar beberapa biaya izin yang sebelumnya diperlukan untuk mendapatkan izin beroperasi. Dengan begitu, pelaku usaha bisa menghemat biaya pengurusan izin usaha.

    Hindari Benturan Perizinan: Dengan NIB, pemerintah dapat memantau dan mengatur perizinan secara terpusat untuk mencegah terjadinya tumpang tindih atau tumpang tindih antara satu perizinan dengan perizinan lainnya.

    Mempercepat Proses Investasi: Dengan NIB, investor dapat mempercepat proses investasinya di Indonesia karena pengurusan izin lebih mudah dan cepat.

    Mendukung Peningkatan Investasi: Dengan memfasilitasi proses perizinan, NIB dapat mendukung peningkatan investasi di Indonesia yang berpotensi meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan menciptakan lapangan kerja.

    Kekurangan NIB:

    Implementasinya Masih Bermasalah: Meski sudah diterapkan pada tahun 2018, penerapan NIB di seluruh Indonesia masih dinilai terganggu dan belum berjalan lancar karena banyak pelaku usaha yang masih kesulitan mendapatkan NIB atau izin pengurusannya.

    Permasalahan Teknis: Terdapat berbagai permasalahan teknis terkait penggunaan NIB, seperti permasalahan sistem online, permasalahan database yang tidak terintegrasi dengan baik, dan permasalahan modifikasi data.

    Tidak Menghilangkan Perizinan Seutuhnya: NIB tidak menghilangkan seluruh perizinan yang diperlukan oleh pelaku usaha, namun hanya mengkonsolidasikan jenis perizinan tertentu saja sehingga masih diperlukan perizinan lain yang harus diperoleh secara terpisah.

    Kegagalan Menghapuskan Praktik Korupsi: Meskipun NIB bertujuan untuk mengurangi praktik korupsi dalam pengurusan perizinan, namun kenyataannya masih terdapat praktik kecurangan dan korupsi dalam pengurusan NIB di berbagai wilayah Indonesia.

    Tidak menjamin peningkatan kualitas pekerjaan: Meskipun NIB hanya fokus pada perolehan izin, kualitas pekerjaan bergantung pada upaya dan kerja keras pelaku usaha itu sendiri. Oleh karena itu, NIB tidak menjamin peningkatan kualitas pekerjaan secara otomatis.

    Kesimpulan

    Sekian yang bisa kami sampaikan mengenai jenis-jenis NIB, semoga artikel tentang jenis-jenis NIB ini dapat bermanfaat dan bermanfaat bagi teman-teman semua. Terima kasih!

    Coba cari lagi apa yang ada inginkan pada kolom berikut: DMCA.com Protection Status
    Bantu Apresiasi Bantu berikan apresiasi jika artikelnya dirasa bermanfaat agar penulis lebih semangat lagi membuat artikel bermanfaat lainnya. Terima kasih.
    Donasi
    Hallo sobat panduan code, Anda dapat memberikan suport kepada kami agar lebih semangat dengan cara dibawah ini.

    Dana : 085972737000
    PAYPAL : Panduan Code
    Done
    Color Picker
    Silahkan gunakan tools color picker berikut gratis untuk Anda, salam Admin Panduan Code.

    Pilih Warna

    Done