Geografi merupakan salah satu ilmu yang membahas tentang dunia, peristiwa alam dan hubungannya dengan lingkungan manusia. Cara yang sama sej...
Daftar Isi [Tampil]

    Geografi merupakan salah satu ilmu yang membahas tentang dunia, peristiwa alam dan hubungannya dengan lingkungan manusia. Cara yang sama sejarah Itu selalu berkaitan dengan berbagai hal seperti aspek geografis. Unsur sejarah yang berkaitan dengan aspek geografis adalah ruang.

    Kutipan dari buku Geografi: Membuka Cakrawala Dunia Menurut Bambang Utoyo (2007: 5), geografi, seperti halnya ilmu-ilmu lainnya, mempunyai objek kajian dan ruang lingkup kajian tersendiri, berbeda dengan disiplin ilmu lainnya. Objek kajian dibedakan menjadi dua yaitu objek material dan objek formal. Banyak ilmu pengetahuan yang mungkin mempunyai objek material yang sama dalam bidang kajiannya, namun akan berbeda dalam objek formalnya.

    Geografi ini akan selalu dikaitkan dengan sejarah. Selama mempelajari sejarah, Anda tidak akan terputus dari banyak hal tentang alam, manusia, dan lingkungan. Hal inilah yang menyebabkan banyak hal saling berkaitan.



    Unsur Sejarah Terkait Aspek Geografis

    Unsur-unsur ruang dan waktu dalam sejarah berkaitan erat satu sama lain, karena kedua unsur tersebut sangat mempengaruhi dan menentukan perkembangan dan peristiwa yang terjadi dalam sejarah.

    Baca Juga: Konsep Waktu Dalam Sejarah Mencakup 4 Hal Yaitu

    1. Waktu

    Perkembangan dan peristiwa dalam sejarah terjadi dalam kurun waktu tertentu dan seringkali berkaitan erat dengan kurun waktu tersebut. Misalnya saja Perang Dunia II yang terjadi antara tahun 1939 hingga 1945, dan peristiwa ini sangat dipengaruhi oleh kondisi politik dan sosial pada periode tersebut.

    2. Di sana

    Perkembangan dan peristiwa dalam sejarah juga terjadi di tempat dan wilayah tertentu dan seringkali berkaitan erat dengan faktor-faktor. geografis dan budaya yang terdapat di wilayah tersebut. Misalnya, Perang Dunia II juga dipengaruhi oleh letak Eropa dan Asia yang strategis serta perbedaan budaya yang ada antar negara yang terlibat.

    Kita bisa lebih memahami perkembangan dan peristiwa yang terjadi dalam sejarah bila unsur ruang dan waktu digabungkan.

    Misalnya, ketika kita mengkaji Perang Dunia II, kita tidak hanya mengkaji kronologi kejadiannya, namun juga memahami bagaimana faktor geografis dan budaya di kawasan Eropa dan Asia mempengaruhi konflik tersebut dan hasil akhirnya. Demikian pula ketika mengkaji peristiwa sejarah lainnya, waktu dan ruang akan selalu menjadi faktor penting yang saling berkaitan.

    Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa unsur sejarah selalu berkaitan dengan aspek geografis. waktu dan ruang. Jika Anda mempelajari sejarah Anda akan belajar lebih banyak tentang dua hal ini. Saya harap ini dapat menambah referensi Anda!
    Coba cari lagi apa yang ada inginkan pada kolom berikut: DMCA.com Protection Status
    Bantu Apresiasi Bantu berikan apresiasi jika artikelnya dirasa bermanfaat agar penulis lebih semangat lagi membuat artikel bermanfaat lainnya. Terima kasih.
    Donasi
    Hallo sobat panduan code, Anda dapat memberikan suport kepada kami agar lebih semangat dengan cara dibawah ini.

    Dana : 085972737000
    PAYPAL : Panduan Code
    Done
    Color Picker
    Silahkan gunakan tools color picker berikut gratis untuk Anda, salam Admin Panduan Code.

    Pilih Warna

    Done