Perbedaan surat formal dan informal – Halo teman Panduancode.com , Pernahkah Anda menerima surat? Siapa yang mengirim surat itu? Tahukah kam...
Daftar Isi [Tampil]

    Perbedaan surat formal dan informal – Halo teman Panduancode.com, Pernahkah Anda menerima surat? Siapa yang mengirim surat itu? Tahukah kamu apa arti surat? Surat adalah suatu alat komunikasi tertulis yang dikirimkan oleh seseorang atas nama seseorang atau suatu lembaga kepada orang atau lembaga lain.

    Dahulu interaksi manusia tidak semudah sekarang. Di masa belum berkembangnya teknologi digital, surat menjadi jembatan utama dalam melakukan aktivitas komunikasi yang mengatasnamakan individu maupun organisasi.


    Perbedaan Surat Resmi Dan Tidak Resmi

    Sampai saat ini surat masih digunakan sebagai alat komunikasi tertulis bagi masyarakat. Namun kemasan dan alat yang digunakan sangat berbeda. Jika sebelumnya huruf harus ditulis dengan tangan, kini dapat ditulis menggunakan keyboard. Jenis kertas yang digunakan adalah kertas putih polos tanpa garis, terlihat lebih formal.

    Bahkan, teknologi selalu diperbarui untuk bisa menulis dan mengirim surat melalui media digital. Penulis dan pembeli hanya perlu memiliki platform yang sama untuk berkomunikasi satu sama lain. Dengan satu klik, kontak dapat menerima pesan secara akurat dan efisien.

    Surat secara umum dibedakan menjadi surat formal dan surat informal (surat pribadi). Baik dari segi fungsi, bentuk dan isinya. Misalnya, surat formal sering kali digunakan untuk keperluan resmi, sedangkan surat informal seringkali lebih bersifat pribadi.

    Baca Juga: Bagian Yang Tidak Wajib Dicantumkan Dalam Surat Dinas Adalah

    Surat adalah alat komunikasi. Orang yang menulis surat menunjukkan bahwa orang tersebut sedang berkomunikasi. Dia menghubungi orang yang akan menerima surat itu. Melalui surat, orang bisa mengungkapkan perasaannya. Segala sesuatu yang dialami dan dirasakan dapat diungkapkan dalam sebuah surat.

    Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai perbedaan surat formal dan informal, silahkan simak ulasannya dibawah ini. Hal ini diperlukan jika Anda sering mengirim surat. Apalagi jika pekerjaan Anda melibatkan aktivitas korespondensi, misalnya pekerjaan kesekretariatan. Ayokomputer, Baca deskripsinya!

    Memahami Surat

    Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, surat adalah secarik kertas yang ditulisi dengan berbagai macam isi. Faktanya, peristiwa yang terjadi di lapangan lebih banyak mengungkap sifat surat tersebut.

    Surat merupakan suatu alat komunikasi yang ditulis oleh seseorang untuk keperluan pribadi atau perusahaan untuk menyampaikan informasi secara tertulis dan terstruktur.

    Minimal harus mencakup unsur-unsur seperti nama pengirim, penerima pesan, isi atau pesan yang akan dikirim, alamat penerima, dan saluran. Unsur-unsur lain dapat ditambahkan selain yang disebutkan di atas, namun urgensinya tidak sebesar di atas.

    Seperti yang telah kami sebutkan sebelumnya, surat dibagi menjadi dua kategori: surat resmi dan surat tidak resmi. Penulisan kedua jenis surat ini bergantung pada beberapa faktor seperti gaya penulisan dan alasan penulisan surat tersebut.

    Mengenal surat resmi

    Sebelum mengetahui perbedaan surat formal dan surat informal, Anda harus memahami masing-masingnya dengan jelas. Sesuai dengan namanya, surat resmi adalah surat yang digunakan apabila lebih dari satu pihak mempunyai petunjuk resmi bagi lebih dari satu orang, organisasi, atau lembaga untuk saling berkomunikasi secara resmi.

    Karena digunakan untuk acara-acara resmi, tidak jarang surat ini ditulis dengan gaya penulisan dan kaidah bahasa yang baku atau menurut PUEBI. Oleh karena itu, penulis tidak boleh menggunakan gambaran verbal atau rima yang menambah unsur artistik berlebihan pada suratnya.

    Berdasarkan sifatnya, surat resmi mengandung berbagai unsur yang belum tentu dicantumkan dalam surat resmi. Dalam kategori ini, kop surat merupakan bagian yang paling khas dan berkarakter. Selain itu, surat resmi juga mencantumkan nomor surat pengirim untuk mencatat pengirim dan penerima.

    Mengenali Surat Informal

    Selain itu, Anda juga harus memahami jenis surat lainnya yaitu surat informal. Surat informal adalah surat berpenampilan biasa-biasa saja yang ditulis untuk acara informal atau dikirimkan tanpa nama tertentu oleh orang terdekat atau masyarakat luas.

    Surat informal tidak memiliki aturan ketat yang sama dengan surat formal, baik dari segi gaya, bahasa, dan strukturnya. Penulis bebas menciptakan gaya penulisan dan bahasanya sendiri. Namun keduanya masih belum bisa membendung hal-hal yang meresahkan SARA.

    Beberapa permasalahan yang seharusnya dimuat dalam surat formal sebaiknya tidak dimasukkan dalam surat informal. Jenis ini tidak wajib mempunyai kop surat atau nomor surat serta tidak memerlukan stempel sebagai tanda sahnya.

    Perbedaan Surat Formal dan Informal

    Berikut PK menjelaskan perbedaan surat formal dan surat informal berdasarkan penjelasan keduanya:

    1. Bahasa yang Digunakan

    Terkadang kita diminta menjelaskan perbedaan surat formal dan informal. Jika iya, Anda bisa mengetahui apakah surat tersebut resmi atau tidak dengan melihat ciri-cirinya. Hal ini terlihat dari format surat atau bahasanya.

    Misalnya, sebagian besar surat formal menggunakan bahasa formal dan standar. Sedangkan pada surat informal, gaya bahasanya lebih santai baik dari segi pilihan kata maupun struktur kalimat.

    Selain itu, surat resmi yang dikirimkan juga menggunakan bahasa yang singkat, padat, efektif dan mudah dipahami. Sedangkan bahasanya lebih santai pada surat-surat informal. Padahal, karena tidak ada aturan bakunya, bisa dibuat sangat panjang.

    2. Kop surat

    Perbedaan surat formal dan informal terletak pada adanya kop surat. Kop surat resmi seringkali digunakan untuk surat menyurat resmi, tergantung dari organisasi atau perusahaan yang menerbitkannya. Omong-omong, kop surat umumnya tidak digunakan dalam surat informal. Dengan demikian, surat tersebut langsung sesuai dengan peruntukannya.

    Surat resmi biasanya mempunyai nomor surat selain kop surat. Tidak jarang orang menambahkan file lain sebagai lampiran. Ngomong-ngomong, dalam surat informal tidak ada yang namanya nomor surat dan akhiran. Surat diterima apa adanya dan tidak tunduk pada penyelidikan resmi atau aturan lainnya.

    3. Isi Surat Resmi dan Informal

    Lalu apa perbedaan surat formal dan informal? Tak perlu bingung, isi kedua jenis pesan ini sangat berbeda. Pengajuan sering kali berisi pertanyaan formal tentang institusi atau bisnis terkait.

    Omong-omong, surat tidak resmi tidak seperti itu. Isi suratnya lebih bersifat pribadi. Dapat dikatakan isi suratnya lebih nyaman, sehingga bahasa yang digunakan juga lebih nyaman.

    4. Fungsi

    Fungsi surat formal dan surat informal berbeda. Surat formal sering digunakan untuk memberitahukan atau memberitahukan suatu pihak kepada pihak lainnya. Selain itu, surat dinas juga merupakan bukti tertulis berupa surat yang isinya harus diperhatikan dan dijadikan sebagai pedoman belajar dalam melaksanakan kegiatan tertentu. Dalam hal ini, surat resmi dapat memuat tata cara atau langkah-langkah kerja yang harus dilakukan.

    Sedangkan fungsi surat informal lebih bersifat umum tetapi bersifat pribadi. Anda dapat mengirim pesan atau sekedar ngobrol ramah. Fungsi surat informal lebih unik dibandingkan surat formal karena tujuan dan fungsinya berbeda.

    Simpati, empati, dan rasa memiliki mewakili fungsi surat informal. Misalnya saja ketika penulis merasa rindu pada sahabatnya, keluarganya, atau bahkan pacarnya. Terkadang juga digunakan untuk mengkritik aktivitas atau kebijakan pemerintah yang tidak sesuai dengan kondisi sosial.

    Selain fungsi surat dinas diatas, surat dinas juga dapat digunakan sebagai alat bukti khusus, petunjuk kerja dan pengingat. Apalagi untuk apa yang ada di dalam surat itu.

    5. Stempel atau Stempel

    Perbedaan antara surat formal dan surat informal terletak pada stempel dan stempelnya. Kebanyakan surat mempunyai stempel atau cetakan di kertasnya. Kalaupun tidak, biasanya ada perangkat atau tanda tangan yang digunakan sebagai penguat. Sedangkan surat tidak resmi tidak mempunyai stempel. Seringkali hanya nama asli pengirim yang diperlukan. Hal ini juga belum pasti.

    6. Struktur dan Gaya Penulisan

    Surat resmi dengan struktur penulis harus teratur dan lengkap dari awal sampai akhir. Sedangkan surat informal paling sedikit mencantumkan nama pengirim dan penerima serta alamat tujuan.

    Susunan surat formal dan surat informal adalah sebagai berikut:

    Struktur Penulisan Surat Formal

    Sobatkomputer, disini kita akan membahas bagaimana cara menulis surat resmi. Pembahasan berikut mengacu pada bagian-bagian yang sebaiknya dicantumkan dalam surat resmi.

    A. Header atau Kop Surat

    Kop surat atau header biasanya terletak di bagian atas surat. Kop surat yang mengidentifikasi orang yang menulis surat biasanya ditandai dengan logo organisasi pengirim, nama organisasi, alamat organisasi, nomor ponsel, kode pos, email, alamat website, nomor fax dan bidang usaha.

    B. Tanggal Surat

    Tanggal surat yang diminta merupakan keterangan kapan surat itu ditulis. Biasanya tanggal surat dicetak di pojok kanan atas, tepat di bawah judul. Alternatifnya, Anda juga bisa menulis di mana surat itu ditulis, namun banyak orang yang tidak melakukannya karena sudah ada di kop surat.

    C. Nomor Referensi

    Nomor surat biasanya terletak di sisi kiri halaman dan sejajar dengan tanggal surat. Format nomor surat tergantung pada peraturan lembaga yang membuatnya. Umumnya format nomor surat adalah nomor alfabet, bulan surat ditulis, tahun, dan beberapa kode lainnya.

    Selesai

    Lampiran adalah dokumen yang disertakan dalam pesan. Biasanya lampiran diisi dengan jumlah dokumen yang dilampirkan. Namun jika tidak ada dokumen yang ingin ditambahkan, bagian ini boleh dikosongkan.

    E. Hal

    Pada bagian ini, orang yang menulis surat dapat menuliskan tujuan singkat surat tersebut. Pertanyaan atau topik ini juga harus relevan dengan isi surat. Misalnya surat undangan maka bagian ini dapat ditulis sebagai berikut:Undangan".

    F. Nama dan Alamat Penerima

    Bagian ini biasanya diawali dengan tulisan “Dear” atau “Dear” di depan nama penerima. Kemudian tulis alamat penerima, namun dalam bentuk yang lebih singkat.

    G. Salam

    Ucapan yang paling umum digunakan dalam surat formal adalah “Hormat kami” karena dianggap lebih formal. Namun Anda selalu dapat menggunakan sapaan lain yang sesuai dengan penerima surat.

    H. Isi

    Isi surat tidak perlu berlebihan atau langsung pada sasaran. Saat menulis surat, tulis satu atau dua kalimat pengantar sebelum menyampaikan maksud dan tujuan Anda. Anda juga bisa menambahkan kalimat penutup pendek di paragraf terakhir.

    Jika sebelumnya surat dibuka dengan salam, maka harus diakhiri juga dengan salam. Anda dapat menulis ucapan terima kasih atau berharap apa yang Anda kirimkan dapat ditindak lanjuti.

    J. Tanda Tangan Pengirim Surat

    Jika surat ditulis oleh suatu instansi, maka penandatanganannya biasanya dilakukan oleh pimpinan atau pimpinan lembaga tersebut. Namun apabila tidak ada, mereka dapat diwakili oleh pejabat yang berada di bawahnya. Anda juga bisa menambahkan stempel basah agar surat terlihat lebih formal.

    K. Menyalin

    Klip harus bersifat opsional. Umumnya bagian ini perlu dicantumkan jika surat juga dikirimkan kepada pihak lain. Letaknya di kiri bawah dan biasanya menggunakan font atau ukuran huruf yang lebih kecil.

    Struktur Penulisan Surat Informal

    Surat informal bukan merupakan bagian dari surat resmi atau surat resmi. Namun, masih ada bagian tertentu dari artikel tersebut. Struktur atau bagian-bagian surat informal antara lain:

    Tempat atau alamat dan tanggal penulisan biasanya mencantumkan kota dan tanggal penulis menulis surat tersebut.

    Ucapan salam seperti halo, halo, harapan baik, harapan manis, salam nostalgia dapat ditulis.

    Paragraf atau kalimat pembuka sebuah surat biasanya berisi sapaan khusus yang penulis gunakan kepada penerima surat.

    Badan surat memuat pesan atau keterangan yang disampaikan penulis, yang menjadi intisari surat.

    Paragraf penutup sering kali ditulis sebagai salam penutup untuk mengakhiri surat.

    Penutupan.

    Nama pengirim dan tanda tangan.

    Contoh Surat Formal dan Surat Informal

    Itu dia temankukomputer Jangan bingung, yuk kita lihat contoh surat formal dan informal. Penjelasannya ada di bawah ini.

    Contoh Surat Resmi

    Persatuan Mahasiswa Sastra Indonesia Universitas Nasional

    Jl. Pasar Minggu Nomor 17 Jakarta Selatan

    Telp (021) 4467984, faks (021) 4437658

    surel:[email protected]

    ==================== =======

    Jakarta, 2 Januari 2022

    Nomor : 078/HIMASINA/XI/2022

    Satu : 1 (satu)

    Perihal : Surat Pengusiran Anggota

    Kontak tersebut menjelaskan:

    Ä°sim: Satrio Anggoro

    NPM: 192001516023

    Posisi: Anggota Dana Bisnis

    Perintah ini dikeluarkan berdasarkan keputusan AD/ART Himpunan Mahasiswa Sastra Indonesia yang bertujuan untuk mengeluarkan anggota kami karena kurangnya tekad dan akuntabilitas pihak-pihak yang terlibat.

    Hal ini menjelaskan bahwa jabatan tersebut di atas dicopot dari kepengurusan Himpunan Mahasiswa Sastra Indonesia berdasarkan pandangan dan penilaian bersama.

    Oleh karena itu, surat penjelasan ini kami siapkan dengan sebenar-benarnya, terima kasih atas minatnya.

    Salam Hormat,

    Kepala Bagian Sumber Daya Manusia dan Organisasi

    Ziaggi Fadhil Zahran
    Contoh Surat Informal

    Jakarta, 2 Januari 2022

    untuk Dina Noviana

    Tangerang'da

    Halo teman hidupku

    Apa kabarmu? Aku baik-baik saja meski kamu tidak menanyakan kabarku haha, ngomong-ngomong, selamat ulang tahun Dina!!!! Semoga tahun ini lebih baik lagi. Maafkan aku karena lama sekali tidak bisa ngobrol denganmu karena aku sangat sibuk di Jakarta.

    Tapi meski lama membalasnya, aku tak lupa menulis surat untukmu, Dina. hehehe.

    Sama seperti kemarin, kita susah payah lulus SMA, kita belajar bersama, mengerjakan PR bersama, padahal beda kampus, kita pilih jurusan yang sama :(

    Ini adalah tahun ke-4 kami berdua berjuang di kampus masing-masing dan dua tahun terakhir ini kami harus belajar dari rumah karena adanya pandemi.

    Oh iya, bulan depan aku ada ujian akhir, mohon doanya, semoga aku lulus ujiannya dengan lancar dan mendapat nilai terbaik.

    Saya harap surat Anda sampai kepada Anda sesegera mungkin. Aku juga menunggu kabar darimu, Dina, dan maaf aku tidak melihat pesanmu haha, karena aku sangat sibuk. Saya harap hari Anda menyenangkan Dina, saya sangat menantikan kabar dari Anda.Semoga harimu menyenangkanDina, sampai jumpa lagi!

    Salam termanis dari yang termanis,

    Ziaggi Fadhil Zahran

    Penutupan

    Demikianlah ulasan tentang perbedaan surat formal dan surat informal. Untuk komputer Jika Anda ingin mempelajari lebih lanjut tentang jenis surat lainnya, Anda dapat mengunjungi PC untuk mendapatkan buku terkait.
    Coba cari lagi apa yang ada inginkan pada kolom berikut: DMCA.com Protection Status
    Bantu Apresiasi Bantu berikan apresiasi jika artikelnya dirasa bermanfaat agar penulis lebih semangat lagi membuat artikel bermanfaat lainnya. Terima kasih.
    Donasi
    Hallo sobat panduan code, Anda dapat memberikan suport kepada kami agar lebih semangat dengan cara dibawah ini.

    Dana : 085972737000
    PAYPAL : Panduan Code
    Done
    Color Picker
    Silahkan gunakan tools color picker berikut gratis untuk Anda, salam Admin Panduan Code.

    Pilih Warna

    Done