Bangsa Barat Biasanya dikaitkan dengan orang bule atau bule dari Eropa yang berkulit putih, bermata biru, dan berambut pirang. Meskipun ras ...
Daftar Isi [Tampil]

    Bangsa Barat Biasanya dikaitkan dengan orang bule atau bule dari Eropa yang berkulit putih, bermata biru, dan berambut pirang. Meskipun ras Kaukasia juga tinggal di sebagian Asia dan Afrika, mereka memiliki warna mata dan rambut yang beragam. Jadi siapa yang kita maksud dengan negara barat?


    Awal Era Bangsa Barat

    Istilah bangsa Barat diawali dengan terjadinya perang antara Persia dari timur dan Romawi Kuno dari barat. Pada abad ke-7, ketika Kesultanan Utsmaniyah menjadi ancaman besar di timur, Eropa sedang mencari jalur perdagangan baru dan mengarahkan produk ke sumbernya di Timur Jauh.

    Selama Perang Dingin, Blok Barat dan Blok Timur dibentuk di Eropa. Blok Timur mencakup sekutu Rusia dan negara-negara di Eropa Timur. Sedangkan blok Barat terdiri dari sekutu AS dan negara-negara di Eropa Barat.

    Ketika Perang Dingin berakhir, Rusia tidak hanya disebut sebagai Barat karena masih banyak perbedaan sikap dengan Amerika Serikat. Namun negara-negara sekutunya kembali disebut sebagai negara Barat, meski Rusia masih harus berjuang karena sebagian besar sekutunya adalah negara-negara miskin.

    Batasan Timur dan Barat tidak pernah jelas dan terus berubah. Letak geografis tidak dapat dijadikan dasar pembagian ini. Umumnya negara-negara Asia dan Islam dianggap Timur. Sedangkan Amerika Serikat dan Eropa ditambah Australia dan Selandia Baru dianggap Barat, padahal sama-sama lebih dekat dengan Asia.

    Baca Juga: Negara Yang Terletak Paling Utara Di Asean Yaitu

    Siapa yang dimaksud dengan Bangsa Barat?

    Dihapus dari teks di halaman www.kebudayaan.kemdikbud.go.id Kedatangan orang Barat pertama kali ke Indonesia adalah untuk menguasai sumber daya dan jalur perdagangan pada masa kolonial. Negara-negara tersebut antara lain Belanda, Inggris, Portugal, dan Spanyol. Oleh karena itu, budaya yang dibawa oleh negara-negara Barat tidak mudah diterima dan ditengarai akan membawa dampak negatif pada masa kini.

    Di era damai saat ini, istilah Barat sering dikaitkan dengan budaya ekspresif, kemajuan teknologi, dan pertumbuhan ekonomi yang tinggi. Lokasi geografis juga mempunyai pengaruh, namun ada beberapa pengecualian.

    Negara-negara yang termasuk negara-negara Barat antara lain:
    1. Negara-negara anggota Uni Eropa\
    2. Bahasa inggris
    3. Amerika Serikat
    4. Australia
    5. Selandia baru.
    Pemahaman yang dimaksud dengan bangsa Barat akan memberikan informasi bagaimana bintang dunia selalu berubah sesuai tantangan zaman. Sejarah adalah ilmu yang dinamis.
    Coba cari lagi apa yang ada inginkan pada kolom berikut: DMCA.com Protection Status
    Bantu Apresiasi Bantu berikan apresiasi jika artikelnya dirasa bermanfaat agar penulis lebih semangat lagi membuat artikel bermanfaat lainnya. Terima kasih.
    Donasi
    Hallo sobat panduan code, Anda dapat memberikan suport kepada kami agar lebih semangat dengan cara dibawah ini.

    Dana : 085972737000
    PAYPAL : Panduan Code
    Done
    Color Picker
    Silahkan gunakan tools color picker berikut gratis untuk Anda, salam Admin Panduan Code.

    Pilih Warna

    Done