Aktivitas Meristem Primer Akan Mengakibatkan- Tanaman Terdiri dari banyak jenis. Seperti makhluk hidup lainnya, tumbuhan terdiri dari berbag...
Daftar Isi [Tampil]

    Aktivitas Meristem Primer Akan Mengakibatkan- Tanaman Terdiri dari banyak jenis. Seperti makhluk hidup lainnya, tumbuhan terdiri dari berbagai jaringan sel. Salah satu jaringan sel pada tumbuhan adalah jaringan meristem. Aktivitas meristem primer akan menghasilkan pertumbuhan primer.

    Apa sebenarnya jaringan meristem dan apa fungsinya? Simak penjelasannya pada artikel dibawah ini.


    Aktivitas Meristem Primer Akan Menghasilkan Pertumbuhan Pada Tanaman

    Hanayani ada di dalamBuku Saku Biologi SMA (2009) menjelaskan bahwa jaringan tumbuhan dibedakan menjadi dua yaitu jaringan meristem dan jaringan permanen/jaringan dewasa, sesuai dengan kemampuannya membelah.

    Jaringan meristem inilah yang dibahas dalam artikel ini. Sekali lagi merujuk pada sumber yang sama, jaringan meristem adalah jaringan muda yang sel-selnya terus membelah atau bersifat embrionik.

    omong-omongTOP ONE Ulangan Harian SMA/MA IPA Kelas XIDisusun oleh Tim Super Tentor (2018), jaringan meristem merupakan jaringan yang sel pendirinya bersifat embrionik. ciri Putih Ini terdiri dari sel-sel muda dalam fase pembelahan dan pertumbuhan.

    Baca Juga: Pada Peristiwa Rantai Makanan Dan Jaring Makanan Terjadi

    Sel meristem berbentuk bulat, lonjong atau poligonal, berukuran kecil, dinding sel tipis, inti besar dan vakuola kecil. Jaringan meristem dibagi lagi menurut asalnya:
    • Promeristem Merupakan jaringan meristem yang sudah ada pada saat tanaman masih dalam tahap embrio.
    • Meristem primer. Merupakan jaringan meristem yang berasal dari titik tumbuh primer yang terletak pada ujung batang atau ujung akar, sehingga menyebabkan akar dan batang memanjang. Aktivitas meristem primer akan menghasilkan pertumbuhan primer.
    • Meristem sekunder. Merupakan jaringan meristematik yang timbul dari titik tumbuh sekunder yang menyebabkan tumbuhan tumbuh akibat aktivitas kambium. Meristem sekunder meliputi kambium vascis, kambium intervasis, perikambium, dan kambium gabus.
    Jenis Jaringan Meristem berdasarkan Lokasi

    Jaringan meristem juga terbagi menjadi berbagai jenis sesuai dengan letaknya. Penjelasannya adalah sebagai berikut:
    • Meristem apikal (ujung) terletak pada ujung akar dan ujung batang. Meristem ini dapat ditemukan pada semua jenis tumbuhan.
    • Meristem lateral terletak di samping (batang). Meristem ini terdapat pada tumbuhan dikotil dan gymnospermae.
    • Meristem interkalar terdapat di antara bagian batang tumbuhan monokotil.
    Demikian penjelasan mengenai Pengertian, Jenis dan Fungsi Jaringan Meristem pada Tumbuhan. Semoga informasi yang diberikan bermanfaat. Senang Bekerja!
    Coba cari lagi apa yang ada inginkan pada kolom berikut: DMCA.com Protection Status
    Bantu Apresiasi Bantu berikan apresiasi jika artikelnya dirasa bermanfaat agar penulis lebih semangat lagi membuat artikel bermanfaat lainnya. Terima kasih.
    Donasi
    Hallo sobat panduan code, Anda dapat memberikan suport kepada kami agar lebih semangat dengan cara dibawah ini.

    Dana : 085972737000
    PAYPAL : Panduan Code
    Done
    Color Picker
    Silahkan gunakan tools color picker berikut gratis untuk Anda, salam Admin Panduan Code.

    Pilih Warna

    Done