Pancasila Ini adalah ideologi negara yang harus didukung dan nilai-nilainya harus diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Pancasila disetuju...
Daftar Isi [Tampil]

    Pancasila Ini adalah ideologi negara yang harus didukung dan nilai-nilainya harus diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Pancasila disetujui oleh Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia atau PPKI.

    Tentu saja proses perumusan dan pengesahan Pancasila sebagai ideologi negara tidaklah mudah. Sebab terjadi perbedaan pendapat mengenai sehat tidaknya prinsip-prinsip yang terkandung dalam Pancasila.



    Organisasi yang Mendukung Pancasila sebagai Ideologi Negara

    Kutipan dari buku Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn),Ani Sri Rahayu (2017:12), Pancasila pada dasarnya disetujui oleh PPKI negara Republik Indonesia pada tanggal 18 Agustus 1945.

    Kata Pancasila sendiri berasal dari bahasa Sansekerta yaitu Panca dan Sila. Panca artinya lima dan sila artinya landasan. Sebelum disahkan menjadi ideologi negara, nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila telah tertanam dalam semangat dan perilaku bangsa sejak dahulu kala.

    Baca Juga: Dari Bahasa Apakah Istilah Pancasila Apakah Artinya

    Nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila pada umumnya mencakup nilai-nilai budaya serta nilai-nilai agama, nilai-nilai tradisional. Nilai-nilai luhur nenek moyang bangsa Indonesia dirumuskan untuk kemudian dianut oleh para founding fathers bangsa sebagai landasan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

    Proses perumusan Pancasila dilaksanakan pada sidang pertama BPUPKI pada tanggal 29 Mei sampai dengan 1 Juni 1945 oleh Panitia Sembilan yang beranggotakan Ir. Soekarno, Mohammad Hatta, Wachid Hasyim, Kahar Muzakir, A.A. Maramis, Abikusno Tjokrosujoso, Achmad Soebardjo, Agus Salim dan Muhammad Yamin

    Sejak sidang pertama BPUPKI, Piagam Jakarta telah disiapkan. Kemudian pada sidang kedua tanggal 10-16 Juli 1945, Pancasila akhirnya berhasil disetujui sebagai dasar negara dan ideologi negara.

    Sesuai kesepakatan para pemimpin negara, Indonesia kemudian dinamakan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Juga pada tahun 1947 Ir. Soekarno dengan jelas menyatakan bahwa tanggal 1 Juni diperingati sebagai berikut: Hari Lahir Pancasila.

    Dari uraian singkat di atas dapat disimpulkan bahwa Pancasila disahkan oleh PPKI sebagai dasar negara Republik Indonesia pada tanggal 18 Agustus 1945. Informasi ideologi bangsa ini kami harapkan dapat menambah wawasan dan pengetahuan pembaca mengenai sejarah Indonesia.
    Coba cari lagi apa yang ada inginkan pada kolom berikut: DMCA.com Protection Status
    Bantu Apresiasi Bantu berikan apresiasi jika artikelnya dirasa bermanfaat agar penulis lebih semangat lagi membuat artikel bermanfaat lainnya. Terima kasih.
    Donasi
    Hallo sobat panduan code, Anda dapat memberikan suport kepada kami agar lebih semangat dengan cara dibawah ini.

    Dana : 085972737000
    PAYPAL : Panduan Code
    Done
    Color Picker
    Silahkan gunakan tools color picker berikut gratis untuk Anda, salam Admin Panduan Code.

    Pilih Warna

    Done