Berbagai jenis kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari benda Dengan muatan negatif, positif dan netral. Karena benda yang kelebihan elektron...
Daftar Isi [Tampil]

    Berbagai jenis kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari benda Dengan muatan negatif, positif dan netral. Karena benda yang kelebihan elektron akan bermuatan negatif, fenomena ini mungkin kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari. Yuk simak penjelasan lengkapnya dibawah ini untuk mengetahuinya.


    Benda yang kelebihan elektron akan bermuatan negatif

    Benda bermuatan elektron merupakan salah satu benda yang sering dijumpai di sekitar kita. Setiap benda mempunyai muatan yang berbeda-beda. Namun jika suatu benda mempunyai muatan elektron berlebih, maka benda tersebut akan menjadi benda bermuatan negatif.

    Dijelaskan secara lengkap di dalam bukuPembelajaran Fisika Praktikum Kelas X yang disusun oleh Aip Saripudin, ‎Dede Rustiawan, ‎Adit Suganda (2018:130) menjelaskan suatu benda dikatakan bermuatan jika dilihat dari sudut mikroskopis. listrik Jika benda tersebut kelebihan atau kekurangan elektron. Karena elektron bermuatan negatif, benda yang kelebihan elektron akan bermuatan negatif, sedangkan benda yang kekurangan elektron akan bermuatan positif.

    Baca Juga: Benda Diam Akan Bergerak Jika Diberikan

    Hal ini dapat terjadi melalui suatu proses yang menyebabkan suatu benda mempunyai muatan tertentu. Penjelasan ini dijelaskan lebih detail dalam buku bertajuk. Ensiklopedia Sains: Suasana, Cahaya, Energi, Listrik, Benda dan Sifatnya yang ditulis oleh Mulyad.i (2009:87) menyatakan bahwa ketika kita menggesekkan dua benda yang berbeda, maka elektron akan terpaksa keluar dari orbitnya pada suatu benda.

    Benda yang menerima elektron akan bermuatan negatif, dan benda yang kehilangan elektron akan bermuatan positif. Misalnya, penggaris plastik yang tidak digosok bersifat netral (tidak bermuatan). Oleh karena itu, meskipun penggaris plastik didekatkan pada potongan kertas, ketika penggaris plastik digosok dengan kain wol kering, elektron dari kain wol bergerak menuju penggaris plastik.

    Akibatnya terjadi kelebihan elektron atau muatan negatif pada penggaris plastik tersebut. Jika Anda memegang penggaris plastik bermuatan listrik di dekat potongan kertas, hal tersebut dapat menarik potongan kertas tersebut. Selain ditemukan pada penggaris yang digosokkan ke wol, masih ada beberapa lainnya. contoh benda-benda dalam kehidupan sehari-hari yang banyak mengandung elektron, seperti:

    Kaca yang bergesekan dengan kain sutra akan menjadi bermuatan positif akibat adanya transfer elektron kaca ke kain sutra.

    Jika balon digosokkan pada kain wol, elektron akan berpindah dari kain ke balon dan menyebabkan balon menjadi bermuatan negatif. Balon tersebut kemudian akan menempel pada rambut atau dinding yang bermuatan positif.

    Penjelasan lengkap tentang fenomena benda kelebihan elektron bermuatan negatif beserta contohnya dapat Anda gunakan sebagai tambahan informasi yang bermanfaat bagi Anda.
    Coba cari lagi apa yang ada inginkan pada kolom berikut: DMCA.com Protection Status
    Bantu Apresiasi Bantu berikan apresiasi jika artikelnya dirasa bermanfaat agar penulis lebih semangat lagi membuat artikel bermanfaat lainnya. Terima kasih.
    Donasi
    Hallo sobat panduan code, Anda dapat memberikan suport kepada kami agar lebih semangat dengan cara dibawah ini.

    Dana : 085972737000
    PAYPAL : Panduan Code
    Done
    Color Picker
    Silahkan gunakan tools color picker berikut gratis untuk Anda, salam Admin Panduan Code.

    Pilih Warna

    Done