10 Jenis Gaya Renang – Apakah Anda suka berenang, terutama di akhir pekan, untuk menghilangkan penat akibat beraktivitas sehari-hari? Olahra...
Daftar Isi [Tampil]

    10 Jenis Gaya Renang – Apakah Anda suka berenang, terutama di akhir pekan, untuk menghilangkan penat akibat beraktivitas sehari-hari? Olahraga renang sudah ada sejak zaman prasejarah Kamu tahu...Hal ini wajar, karena masyarakat zaman dahulu senang sekali masuk ke dalam air dan menggerakkan badannya untuk berbagai keperluan; salah satu dari mereka sedang mencari makanan. Kegiatan ini berangsur-angsur berkembang hingga abad ke-15, yang dicatat oleh Nicolas Wynman sebagai munculnya renang modern. Belakangan perkembangan olah raga renang mulai dari dibangunnya kolam renang pertama pada tahun 1800 hingga berbagai macam gaya renang semakin digemari banyak orang.

    Di zaman modern seperti sekarang ini, renang sudah dimasukkan dalam kompetisi olahraga dunia yaitu olimpiade. Namun untuk mengikuti kompetisi olimpiade ini kita tidak perlu sekedar masuk ke dalam air dan bertindak sembarangan tentang…Harus memahami teknik gaya berenang. Beberapa gaya renang yang sering dipertandingkan di olimpiade adalah gaya bebas, gaya kupu-kupu, gaya punggung, dan gaya dada. Oleh karena itu, kurikulum sekolah khususnya mata pelajaran olahraga seringkali mengajarkan 4 gaya renang tersebut. Sebenarnya tidak hanya ada 4 gaya renang saja Kamu tahu...Lalu apa saja macam-macam gaya renang? Apa saja teknik mempelajari berbagai gaya renang tersebut? Oke, jadi Panduancode.com Yuk simak ulasan dibawah ini untuk memahaminya!


    Gerakan Lengan Dan Kaki Dalam Gaya Punggung Serupa Dengan Gaya

    1. Gaya Bebas (Pindai)

    Renang bebas adalah kegiatan berenang dengan posisi dada menghadap permukaan air. Ciri gaya bebas ini adalah tubuh berada dalam satu garis lurus dan kedua tangan bergerak di atas permukaan air pada saat terjadi gerakan pemulihan. Kemudian, kedua tangan bergantian bergerak ke depan dengan gerakan mengayuh, sedangkan kedua kaki bergantian bergerak ke atas dan ke bawah dengan gerakan “mencambuk”. Saat melakukan gaya bebas ini, wajah Anda harus menghadap ke permukaan air. Tujuan utama berenang bebas adalah agar tubuh Anda dapat meluncur dengan cepat di dalam air. Gaya ini juga diikutsertakan dalam kompetisi renang olimpiade karena mudah dipelajari dan efisien.

    Pada renang bebas, pernafasan dilakukan dengan menggerakkan lengan tengah keluar dari air, yaitu dengan posisi badan miring dan kepala menoleh ke samping. Jadi perenang tentunya bebas memilih berbelok ke kanan atau ke kiri sambil bernapas. Padahal, gaya bebas merupakan gaya renang yang tidak bergantung pada teknik dasar tertentu. Padahal, karena renang jenis ini dapat dilakukan dengan berbagai gerakan renang, maka perenang dapat bergerak cepat di dalam air. Gaya ini juga efektif untuk pemula.


    Sejarah Singkat Renang Gaya Bebas

    Renang gaya bebas diyakini berasal dari dunia Barat, tepatnya di London pada tahun 1844. Saat itu, perenang India menggunakan gaya bebas ini untuk dengan mudah mengalahkan perenang Inggris (menggunakan gaya dada) setiap kali ada persaingan di antara mereka. Bahkan saat itu, perenang Inggris menganggap renang gaya bebas tidak sesuai gaya karena melibatkan terlalu banyak cipratan air. Tak lama kemudian, antara tahun 1870 dan 1890, pelatih renang asal Inggris John Arthur Trudgen mulai mempelajari gaya bebas ini dari penduduk asli Amerika Selatan. Atas dasar itulah renang gaya bebas terus mengalami perkembangan hingga saat ini.

    Teknik Renang Gratis

    Posisi Tubuh
    • Anda harus berbaring telungkup dengan tubuh horizontal.
    • Cobalah untuk merilekskan tubuh.
    • Usahakan kepala, punggung, dan kaki Anda sedatar mungkin terhadap permukaan air.
    • Dahi, bahu, tumit dan pinggul berada pada posisi rata-rata di dalam air.
    Gerak Kaki
    • Kaki harus terus bergerak untuk memberikan tenaga penggerak yang tidak terputus saat berenang.
    • Bagian belakang kaki diluruskan dan diluruskan lurus ke belakang.
    • Gerakan meninju dimulai dari pangkal paha, dimulai dari bagian bawah kaki, dan diakhiri dengan gerakan “tamparan” dari mata kaki.
    • Usahakan lutut dan pergelangan kaki Anda tetap rileks sehingga Anda dapat meningkatkan efektivitas pukulan Anda di dalam air.
    • Gerakan kaki ke atas tidak boleh melebihi permukaan air.
    • Gerakan kaki dilakukan dua kali dengan tendangan kaki dan dua kali dengan tarikan tangan.
    Gerakan Tangan
    • Saat lengan masuk ke dalam air, ibu jari masuk terlebih dahulu, disusul pergelangan tangan dan lengan atas.
    • Saat masuk ke dalam air, posisi tangan berada di depan bahu, dengan siku ditekuk ke bawah dan ke depan.
    • Pergelangan tangan sedikit ditekuk dan jari-jari menyatu.
    Jangan Bernapas
    • Hal ini dilakukan dengan memiringkan kepala ke kanan atau ke kiri.
    • Caranya dengan menggunakan mulut, yaitu dengan memiringkan kepala ke samping dan membuang napas sambil menghadap ke air.
    • Hal ini dilakukan bersamaan dengan akhir gerakan tangan.
    Manfaat Berenang Gratis

    Dilaporkan dari Panduancode.com Renang gaya bebas dapat memberikan manfaat yang besar, antara lain:

    a) Menambah Tinggi Badan

    Menurut BuildYourDreamBody, Anda bisa melakukan gaya bebas untuk menambah tinggi badan dengan berenang. Pasalnya, gaya bebas cenderung dinamis dan melibatkan penarikan tubuh ke depan dan ke belakang.

    b) Melatih Otot

    Berkat gaya bebas ini, otot-otot tubuh akan bergerak dengan baik. Oleh karena itu, orang yang sering berenang gaya bebas tidak mudah mengalami nyeri otot punggung.

    2. Gaya Kupu-Kupu

    Gaya kupu-kupu disebut gaya lumba-lumba yang merupakan salah satu gaya renang dalam perlombaan olimpiade. Pada gaya berenang ini, posisi dada menghadap permukaan air. Sedangkan kedua lengan akan ditekan ke bawah dan digerakkan ke luar secara bersamaan sebelum diayunkan ke depan. Kedua kakinya sebenarnya bergerak ke atas dan ke bawah secara bersamaan, seperti gerakan ekor ikan.

    Gaya kupu-kupu ini dianggap sebagai gaya renang terbaruKamu tahukarena dibuat pada tahun 1933. Berbeda dengan gaya renang lainnya, mempelajari gaya kupu-kupu khususnya koordinasi gerakan tangan dan kaki memerlukan waktu yang cukup lama. Menurut sejarah, gaya kupu-kupu diciptakan oleh pakar kebugaran Amerika Henry Meys pada tahun 1933 saat mengikuti kompetisi renang YMCA. Saat itu, Henry Myers memadukan gaya dada dengan gerakan dan rotasi lengan terus menerus.

    Teknik Renang Gaya Kupu-Kupu

    Permulaan Teknologi
    • Hal ini dilakukan tepat di atas balok awal dengan menekuk badan ke arah air.
    • Lutut sedikit ditekuk.
    Posisi Tubuh
    • Posisi badan sebaiknya mengarah ke bawah dan hampir sejajar di bawah permukaan air.
    • Pada bagian kaki, tidak boleh terlalu dalam saat Anda menjejakkan kaki ke tanah.
    • Dengan kaki, posisinya harus sedikit ditinggikan hingga mulut mencapai permukaan air. Hal ini membuat pernapasan menjadi lebih mudah.
    Gerakan Lengan
    • Pada gaya kupu-kupu ini, gerakan lengan harus dilakukan dengan kedua lengan kiri dan kanan secara bersamaan.
    • Tangkap/Tangkap: Setelah badan dan lengan berada di dalam air, gerakkan lengan ke luar dan lanjutkan dengan gerakan seperti menangkap.
    • Sapu Bawah/Jangkauan: Pada saat melakukan gerakan menangkap, perenang harus mampu menggerakkan pergelangan tangan dan siku yang sedikit ditekuk ke bawah.
    • Menyapu/Menarik: Pastikan untuk menarik tangan Anda ke dalam dan ke belakang, tepat di bawah kepala Anda.
    • Sapu/Dorong ke Atas: Dorong tuas ke belakang dan lanjutkan mengeluarkannya dari air lagi.
    • Untuk menjadi lebih baik: Angkat siku ke atas permukaan air, lalu lanjutkan gerakan memutar sendi bahu.
    Gerak Kaki
    • Jaga posisi kaki Anda lurus dari telapak kaki hingga jari kaki.
    • Pertama lutut ditekuk, tapi jangan terlalu banyak.
    • Lakukan gerakan menendang dengan kaki Anda.
    • Setelah menendang kaki, posisikan kaki seperti sedang mengayuh ke bawah.
    Teknik Pernafasan
    • Angkat kepala Anda di atas permukaan air. Namun jangan mengangkatnya terlalu tinggi.
    • Cobalah untuk mengangkat kepala Anda sedikit di atas permukaan air dan segera turunkan kepala Anda ke bawah permukaan air setelah selesai.
    • Gunakan hidung Anda untuk mengeluarkan air.
    Manfaat Renang Kupu-Kupu

    Berikut empat manfaat renang kupu-kupu adalah:

    a) Melatih Otot Lengan

    Hal ini akan membantu melatih otot lengan terutama dalam mengkoordinasikan gerakan lengan dan kaki.

    b) Latih otot kaki Anda

    Jika koordinasi kaki Anda sangat kuat maka dapat membantu Anda melatih otot kaki Anda.

    c) Menciptakan Postur Tubuh

    Dengan kata lain dapat mendorong terbentuknya postur tubuh ideal dengan melatih otot dada dan otot bahu.

    d) Menurunkan Berat Badan

    Berenang kupu-kupu dapat membantu membakar lemak, menurunkan berat badan, dan membentuk otot pada perut.

    3. Terlentang

    Seperti namanya, pada renang gaya punggung, punggung menghadap ke permukaan air. Sedangkan karena posisi wajah berada di atas air, maka pernapasan akan mudah. Namun perenang hanya bisa melihat ke arah tertentu. Oleh karena itu, perenang yang menggunakan gaya punggung pada saat perlombaan akan memperkirakan tepi kolam renang dengan menghitung jumlah gerakannya.

    Gerakan lengan dan kaki pada renang gaya punggung mirip dengan gaya bebas, yang membedakan hanyalah posisi tubuh cenderung berbaring rata di permukaan air. Kedua tangan akan digerakkan bergantian ke arah pinggang, seperti gerakan mengayuh. Menjauhkan mulut dan hidung dari air untuk bernapas akan memudahkan Anda bernapas dengan benar.

    Pada saat perlombaan, posisi awal dilakukan di dalam kolam menghadap dinding kolam, dengan memegang gagang besi dengan kedua tangan. Kedua lutut akan ditekuk di antara kedua tangan. Sedikit informasi, gaya punggung sudah dikenal sejak zaman dahulu kalaKamu tahu...Sejak pertama kali dipertandingkan pada Olimpiade Paris tahun 1900, gaya ini dianggap sebagai gaya renang tertua setelah gaya bebas.

    Teknik Renang Gaya Punggung

    Posisi Tubuh
    • Pastikan posisi tubuh lurus dan sejajar dengan permukaan air.
    • Turunkan pinggul kurang lebih 2-5 cm dari permukaan air. Hal ini dilakukan untuk menjaga kestabilan gerakan kaki di dalam air.
    • Pastikan header menghadap ke atas. Leher harus rileks agar gerakan tetap lurus.
    • Ketinggian air di kepala harus menutupi telinga.
    Gerak Kaki
    • Posisi kedua kaki harus lurus dan berdekatan.
    • Pergelangan kaki harus rileks dan lutut harus sedikit ditekuk, terutama saat mulai mendayung.
    • Gerakannya dimulai dari pangkal paha. Tekuk lutut sedikit, lalu arahkan jari-jari kaki ke udara.
    Teknik Pernafasan
    • Kecepatan pernapasan yang paling tepat adalah bernapas dengan satu tangan dalam keadaan istirahat.
    • Buang napas melalui lengan Anda yang lain saat istirahat.
    Gerakan Tangan

    Cara lainnya, ayunkan tangan Anda langsung ke permukaan air. Cobalah memasukkan air melewati kepala Anda dengan tangan di samping kepala.
    • Putar lengan Anda ke belakang dan melewati kepala Anda.
    • Dengan lengan di dalam air, tekuk siku hingga membentuk sudut 90° dan dorong ke arah pinggul.
    • Luruskan lengan Anda saat mencapai pinggul.
    • Pastikan telapak tangan menghadap tubuh dan biarkan menonjol dengan ibu jari terlebih dahulu.
    4. Gaya Dada atau Gaya Katak

    Renang gaya dada, juga dikenal sebagai gaya katak, merupakan pilihan populer untuk aktivitas renang rekreasi. Pada gaya dada ini, Anda mempertahankan posisi tubuh tetap dengan kepala keluar dari air dalam waktu yang lama. Posisi dada akan menghadap ke permukaan air, namun tetap berbeda dengan gaya bebas karena pada gaya ini batang tubuh akan berada dalam posisi diam. Kedua kaki akan menendang ke luar sedangkan kedua tangan tetap lurus ke depan.

    Kemudian, kedua tangan akan terbuka ke samping dengan gerakan seolah-olah sedang memotong air. Hal ini dilakukan agar tubuh bisa berkembang lebih cepat. Sedangkan setelah satu atau dua gerakan tangan-kaki, mulut berada di permukaan air dan dilakukan pernafasan. Gaya renang ini sering diajarkan kepada pemula dan merupakan gaya paling lambat.

    Sejarah Singkat Gaya Dada

    Gaya dada merupakan gaya renang yang paling populer di berbagai negara dan bahkan diajarkan di sekolah-sekolah kuno di Mesir, Cina, Yunani, dan Roma. Pada tahun 1538, ilmuwan Jerman Nicolaus Wynmann menerbitkan buku pertama tentang renang, yang memuat teknik gaya dada dalam upaya untuk mempromosikan renang sebagai sarana penyelamatan dari tenggelam. Kemudian pada tahun 1800, perlombaan renang mulai dikenal di Eropa dan sebagian besar pesertanya menggunakan gaya dada.

    Teknik Dasar Gaya Dada

    Mulai Gerakan
    • Hampir sama dengan gaya bebas dan gaya kupu-kupu, yaitu gaya meluncur.
    • Berdirilah di tepi kolam dan tekan satu kaki ke dinding kolam.
    • Tekuk tubuh Anda sehingga tampak sejajar dengan permukaan air. Kedua tangan diluruskan dan di samping telinga.
    • Tekan kaki Anda dengan kuat ke dinding kolam sehingga tubuh Anda meluncur ke depan.
    • Kedua lengan dan kaki dalam posisi lurus untuk menjaga keseimbangan.
    Gerak Kaki
    • Posisi tubuh sebaiknya tengkurap atau tengkurap.
    • Pegang dinding kolam.
    • Posisi kepala berada di permukaan air dan kedua kaki dalam posisi lurus.
    • Kedua kakinya ditarik ke samping lalu kedua kakinya diluruskan kembali, seperti kaki katak saat berenang.
    • Lakukan crunch dengan kedua kaki diluruskan, terutama saat kaki dalam keadaan tertutup.
    • Kedua kakinya nyaman.
    Gerakan tangan
    • Letakkan kedua kaki di dinding kolam.
    • Luruskan kedua lengan dan posisikan kepala di atas permukaan air.
    • Tarik kedua tangan ke arah dada bagian bawah sementara telapak tangan mengayuh di dalam air.
    Teknik Pernafasan
    • Penghirupan bisa dilakukan dengan kedua tangan ditarik ke samping.
    • Kepala diangkat ke atas sambil menghirup udara.
    • Jika Anda seorang pemula, lakukan secara perlahan.
    Manfaat Renang Gaya Dada

    a) Mengurangi Stres

    Karena renang gaya dada mempunyai gerakan yang agak lambat, maka renang ini cocok untuk rekreasi yang bertujuan untuk mengurangi stres. Menempatkan kepala di bawah permukaan air terkadang dapat membantu menyegarkan pikiran dan mengurangi stres.

    b) Menjaga kadar kolesterol tubuh

    PC Saya pasti tahudong Tubuh manusia juga membutuhkan kolesterol untuk memproduksi vitamin D sekaligus melindungi sel dan menciptakan hormon. Namun kadar kolesterol yang berlebihan juga berbahaya, terutama bagi jantung. Maka salah satu cara untuk mengontrol kadar kolesterol dalam tubuh adalah dengan rutin berenang menggunakan gaya dada.

    5. Gaya Renang Samping

    Gaya renang samping merupakan gaya renang yang jarang digunakan oleh para perenang, meskipun gaya ini memang ada dan hanya bersifat rekreasional. Artinya, hanya menggunakan satu sisi badan saja. Dengan satu tangan di dalam air dan tangan lainnya di atas. Tangan yang berada di dalam air biasanya melakukan gerakan mengayun melingkar untuk mendorong tubuh. Kemudian lakukan gerakan santai dengan tangan bagian atas tepat mengarah ke kepala.

    Gaya renang ini tidak dibahas dalam kompetisi resmi karena hanya sedikit orang yang mengetahui keberadaannya.

    6. Gaya Berenang Anjing

    Sesuai dengan namanya, gerakannya akan seperti anjing yang berenang di air. Kepala berada di atas air, dan kaki serta lengan melakukan gerakan mendayung. Gerakan ini merupakan salah satu gaya renang yang paling mudah dilakukan, terutama bagi pemula yang belum bisa berenang.

    7. Gaya Renang Trudgen

    Gaya renang ini sebenarnya merupakan pengembangan dari gaya bebas. Posisi kaki di dalam air akan menyerupai gunting dengan gerakan bergantian ke atas dan ke bawah. Posisi kedua tangan mendatar, sehingga saat kaki bergerak, salah satu lengan ditarik ke atas air dengan gerakan memutar seperti kincir. Setelah itu letakkan tangan Anda yang lain di bawah badan pada bagian paha. Teknik pernafasan dapat dilakukan kapan saja sesuai dengan kekuatan masing-masing perenang.

    8. Gaya Berenang Bawah Air

    Faktanya, berenang di bawah air lebih cepat dibandingkan berenang di permukaan air. Pada Olimpiade 1988, banyak perenang yang berkompetisi di gaya punggung bawah air. Setelah itu, Olimpiade mengumumkan bahwa perenang hanya diperbolehkan berada 15 meter di bawah air segera setelah melakukan pukulan tee.

    Karena gaya ini dilakukan di bawah air, perenang sering kali mengalami kesulitan mengeluarkan napas, sehingga mereka bernapas sepanjang hidup, bahkan menggunakan penjepit hidung. Beberapa gaya yang bisa dilakukan di bawah air antara lain:

    a) Serangan Singa Laut

    Gaya renang ini dilakukan dengan gerakan mendayung disertai pukulan mengepak pada baris kontralateral (pada sisi berlawanan), persis dengan gerakkan lengan ke samping sepanjang garis badan. Inilah sebabnya mengapa gaya ini disebut gaya berenang singa laut dan sangat efektif bila dilakukan di ruang sempit di bawah air.

    b) Tendangan Lumba-lumba (Dolphin Kick)

    Gaya ini biasanya digunakan untuk menjaga kecepatan pada awal lomba dan dihasilkan dengan mendorong tembok pada saat start dan belokan. Caranya dengan menendang kaki ke atas dan ke bawah sambil menekan secara bersamaan. Dengan kata lain, saat latihan berenang di bawah air, lengan akan direntangkan di depan kepala.

    c) Tendangan Ikan (Tendangan Ikan)

    Hampir mirip dengan gaya pukulan lumba-lumba sebelumnya, namun gaya ini dilakukan saat perenang berada di sebelahnya. Padahal, gaya ini merupakan gaya renang tercepat.Kamu tahu karena dapat menimbulkan pusaran yang mendorong perenang ke depan.

    9. Gaya Berenang untuk Menyelamatkan Nyawa

    Berbeda dengan tujuan gaya renang sebelumnya, gaya renang ini tidak dilakukan untuk tujuan rekreasi atau kompetisi, melainkan sebagai upaya penyelamatan nyawa di dalam air. Tidak hanya petugas keamanan saja, masyarakat awam pun bisa menggunakan gaya ini untuk meminimalisir kejadian berisiko yang dialami orang-orang di sekitar kita. Berikut berbagai gaya berenang untuk upaya penyelamatan nyawa.

    a) Mendorong Pukulan Penyelamatan

    Dengan kata lain merupakan gaya berenang yang akan membantu perenang yang merasa lelah. Perenang yang lelah kemudian akan berbaring telentang sehingga penyelamat dapat menggunakan cambuknya untuk mencapai kolam atau tepi laut.

    b) Stroke yang Menyelamatkan Jiwa

    Hampir sama dengan pukulan samping, namun lengan atas akan menarik perenang yang kesulitan sedangkan lengan bawah bergerak.

    c) Tarikan Lengan Dipanjangkan (Korban Tidak Sadar)

    Gaya ini dilakukan pada saat korban tidak sadarkan diri, sehingga penyelamatan dilakukan dengan tendangan samping atau gaya punggung gaya dada. Penolong kemudian memegang kepala dengan tangan lurus, lalu menggenggam tangan di bawah dagu. Hal ini untuk memastikan mulut dan hidung korban bersih dari air.

    d) Pemindaian Depan Kepala (Tarzan Strike)

    Hal ini dilakukan dengan mata masih memandang ke depan di atas permukaan air, seolah-olah sedang mengamati air di sekitarnya.

    e) Melakukan Lemparan Menyelamatkan

    Perenang kemudian akan berbaring telentang dan penyelamat akan mencambuk punggungnya dan meraih ketiak perenang. Hal ini untuk menciptakan gerakan maju. Namun tendangannya tidak boleh terlalu dangkal karena dalam hal ini korban akan dipukul dengan tendangan cambuk.

    10. Gaya Meluncur sebagai Gerakan Dasar

    Sebenarnya meluncur bukanlah gaya renang, melainkan gerakan pertama pada renang gaya dada, kupu-kupu, dan gaya bebas. Namun masih banyak orang yang memahaminya sebagai gaya berenang.

    Untuk melakukan teknik ini, perenang meletakkan salah satu kakinya yang ditekuk di dinding kolam sambil berdiri di tepi kolam. Kemudian tekuk badan hingga sejajar dengan permukaan air. Sedangkan posisi kedua tangan sebaiknya lurus ke depan sambil meremas daun telinga. Semakin besar dorongan kaki maka semakin besar pula gerak meluncurnya.

    Berikut ulasan 10 jenis gaya renang yang bisa dilakukan Panduancode.com Situasi yang ditemui dalam renang untuk tujuan rekreasi, kompetisi, atau tujuan penyelamatan jiwa. adalah Panduancode.com Sudahkah Anda menguasai beberapa gaya renang berikut?
    Coba cari lagi apa yang ada inginkan pada kolom berikut: DMCA.com Protection Status
    Bantu Apresiasi Bantu berikan apresiasi jika artikelnya dirasa bermanfaat agar penulis lebih semangat lagi membuat artikel bermanfaat lainnya. Terima kasih.
    Donasi
    Hallo sobat panduan code, Anda dapat memberikan suport kepada kami agar lebih semangat dengan cara dibawah ini.

    Dana : 085972737000
    PAYPAL : Panduan Code
    Done
    Color Picker
    Silahkan gunakan tools color picker berikut gratis untuk Anda, salam Admin Panduan Code.

    Pilih Warna

    Done