Indonesia, negara yang kaya akan budaya, tradisi, dan bahasa, terancam terpecah belah. Di samping itu, Keberagaman bangsa Indonesia Hal ini ...
Daftar Isi [Tampil]

    Indonesia, negara yang kaya akan budaya, tradisi, dan bahasa, terancam terpecah belah.

    Di samping itu, Keberagaman bangsa Indonesia Hal ini juga dapat memberikan dampak positif jika disatukan dan dikelola dengan baik.

    Salah satu cara untuk menyatukan keberagaman tersebut adalah melalui penerapan integrasi nasional.

    Memahami integrasi nasional Merupakan upaya dan proses menyatukan perbedaan-perbedaan yang ada dalam suatu negara guna menciptakan kohesi dan keharmonisan nasional.

    Namun integrasi nasional tidak terjadi begitu saja. Ada berapa faktor? kebutuhan Itu harus dipenuhi agar hal itu terjadi.

    Secara umum integrasi nasional mempunyai dua faktor.Pertama Faktor-faktor yang membentuk integrasi nasional. Kedua Faktor penghambat integrasi nasional.

    Faktor pembentuk integrasi nasional terbagi menjadi dua yaitu faktor pendorong dan faktor pendukung.


    Faktor Pendorong Integrasi Nasional

    Sebagaimana disebutkan di atas, faktor-faktor pembentuk integrasi nasional terbagi menjadi dua, yaitu faktor pendorong dan faktor pendukung. Berikut uraian mengenai empat faktor pendorong integrasi nasional:

    1. Ada kesamaan sejarah

    Faktor pendorong integrasi nasional yang pertama adalah kesamaan sejarah. Latar belakang sejarah, nasib dan perjuangan melawan penjajah di masa lalu yang serupa dapat menjadi pendorong integrasi nasional. Rasa takdir dan perjuangan ini juga dapat dimanfaatkan untuk memperkuat stabilitas nasional kesatuan indonesia.

    2. Adanya ideologi nasional

    Pancasila merupakan ideologi bangsa Indonesia yang dapat menjadi faktor pendorong integrasi nasional. Pancasila dijadikan sebagai pedoman hidup dalam kehidupan sehari-hari yang mewujudkan nilai persatuan di tengah bangsa Indonesia yang multikultural.

    3. Adanya keinginan untuk bersatu

    Indonesia terdiri dari komunitas masyarakat dengan budaya, bahasa, dan tradisi yang berbeda-beda. Perbedaan-perbedaan tersebut dapat menjadi faktor pendorong terjadinya integrasi nasional, bukan menjadi sumber konflik. Dengan adanya keinginan untuk bersatu, masyarakat Indonesia yang majemuk dapat hidup damai.

    4. Adanya ancaman dari luar

    Era globalisasi semakin memudahkan dalam memenuhi kebutuhan masyarakat. Namun nyatanya, keadaan ini dapat berdampak buruk pada suatu negara. Agar hal ini terjadi, ancaman eksternal harus diminimalkan integrasi nasional pada seluruh lapisan masyarakat di seluruh Indonesia.


    Faktor Pendukung Integrasi Nasional

    Selain faktor pendorong, terdapat juga faktor pendukung integrasi nasional. Faktor pendukung tersebut merupakan unsur tambahan yang memungkinkan terjadinya integrasi nasional. Berikut faktor-faktor yang mendukung integrasi nasional:

    1. Penggunaan Bahasa Indonesia

    Bahasa Indonesia telah menjadi bahasa nasional sejak diterbitkan Sumpah Pemuda Antusiasme generasi muda saat itu membuat bahasa Indonesia diterima sebagai bahasa pemersatu, apapun perbedaannya.

    2. Semangat persatuan dan solidaritas dalam berbangsa

    Semangat persatuan dan solidaritas yang muncul dalam masyarakat juga dapat menjadi unsur pendukung integrasi nasional. Persatuan dan kesatuan sangat diperlukan untuk membentuk rasa kekeluargaan, persahabatan dan sikap kerjasama. Sebab, kita memerlukan toleransi dan rasa kemanusiaan untuk hidup berdampingan.

    3. Adanya kepribadian dan pandangan hidup bangsa yang sama dengan Pancasila

    Pancasila merupakan landasan ideal yang mempunyai kedudukan dan pengaruh tinggi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Seseorang yang memiliki jiwa patriotisme tinggi akan melamar Keistimewaan Pancasila dalam beberapa aspek kehidupannya. Hal ini juga akan menjadi faktor pendukung integrasi nasional.

    4. Adanya rasa dan semangat gotong royong

    Sikap gotong royong adalah bekerja sama untuk menyelesaikan pekerjaan secara bersama-sama dan memperoleh manfaat secara adil dari hasil pekerjaan. Sistem gotong royong dilakukan tanpa pamrih dan sukarela, dalam batas kemampuan masyarakat sendiri. Hal ini bisa menjadi faktor pendukung integrasi nasional.

    Faktor Penghambat Integrasi Nasional

    Meskipun terdapat faktor pendorong dan pendukung, integrasi nasional juga menghadapi beberapa tantangan. Berikut ini berbagai faktor penghambat integrasi nasional:

    1. Kurangnya penghargaan terhadap keberagaman

    Kebudayaan di Indonesia sangatlah beragam. Keberagaman budaya ini terkadang kurang diapresiasi oleh sekelompok masyarakat. Hal ini menyebabkan budaya tersebut perlahan terkikis dan berpotensi menjadi faktor penghambat integrasi nasional.

    2. Kurangnya toleransi antar kelompok

    Konflik sosial merupakan situasi yang patut dihindari karena dapat mengganggu persatuan dan kesatuan bangsa. Konflik sosial sendiri bisa muncul karena kurangnya toleransi. Paling sedikit toleransi pada akhirnya berujung pada kehancuran negara dan kegagalan tercapainya integrasi nasional.

    3. Kurangnya kesadaran setiap masyarakat Indonesia

    Globalisasi telah memicu munculnya sikap individualistis dan pengabaian terhadap kondisi dan situasi disekitarnya. Situasi ini dapat memicu kurangnya kesadaran untuk menjamin persatuan dan solidaritas dalam masyarakat serta menjamin integrasi nasional.

    Oleh karena itu, untuk mencapai integrasi nasional di era globalisasi, perlu dicari petunjuk pembangunan karakter bangsa guna menjamin persatuan dan kesatuan serta meningkatkan kesadaran masyarakat.

    4. Terjadinya ketimpangan dan pembangunan yang tidak merata

    Otonomi daerah yang diterapkan di Indonesia berarti mengalihkan sebagian kekuasaan dan tanggung jawab pemerintah pusat kepada pemerintah daerah. Hal ini memicu munculnya kesenjangan sosial dan ekonomi Hal ini berpotensi menjadi faktor penghambat integrasi nasional. Oleh karena itu, perlu adanya kesadaran diri agar keadilan sosial dapat dirasakan oleh masyarakat di seluruh wilayah Indonesia.
    Coba cari lagi apa yang ada inginkan pada kolom berikut: DMCA.com Protection Status
    Bantu Apresiasi Bantu berikan apresiasi jika artikelnya dirasa bermanfaat agar penulis lebih semangat lagi membuat artikel bermanfaat lainnya. Terima kasih.
    Donasi
    Hallo sobat panduan code, Anda dapat memberikan suport kepada kami agar lebih semangat dengan cara dibawah ini.

    Dana : 085972737000
    PAYPAL : Panduan Code
    Done
    Color Picker
    Silahkan gunakan tools color picker berikut gratis untuk Anda, salam Admin Panduan Code.

    Pilih Warna

    Done