Pada zaman pra-aksara, manusia purba terbagi dalam berbagai kategori. Salah satunya bersifat nomaden, atau hidup dengan mengembara dan berbu...
Daftar Isi [Tampil]

    Pada zaman pra-aksara, manusia purba terbagi dalam berbagai kategori. Salah satunya bersifat nomaden, atau hidup dengan mengembara dan berburu makanan satwa. Jadi, pada periode manakah perburuan dan kehidupan nomaden berhubungan? Yuk simak jawabannya dibawah ini.


    Masa Kehidupan Berburu Dan Berpindah-Pindah Berlangsung Bersamaan Dengan

    Zaman Paleolitikum

    Kehidupan berpindah dari satu tempat ke tempat lain juga ada pada Zaman Batu Tua atau masa Paleolitikum. Periode ini terjadi sekitar 600 ribu tahun yang lalu. Ciri-ciri kehidupan manusia pada masa berburu dan meramu adalah:

    Baca Juga: Apa Perbedaan Hyena Dengan Hewan Lainnya Dalam Mengatasi Masalah

    1. Hidup berpindah-pindah

    Seperti disebutkan sebelumnya, orang-orang kuno pada masa itu tinggal di gua, hutan, dll. Dia hidup sebagai pengembara. Mereka berpindah-pindah sesuai musim tumbuhan atau keberadaan hewan mangsa.

    2. Terhubung dengan Alam

    Kehidupan masyarakat zaman dahulu sangat bergantung pada kondisi alam, karena mereka tidak mampu berkebun atau bertani. Mereka biasanya mencari makanan melalui berburu dan meramu.

    3. Alat Yang Digunakan Masih Kasar

    Alat-alat yang digunakan pada zaman ini masih mentah dan digunakan untuk berburu dan menyembelih hewan. Contohnya adalah kapak tangan.

    4. Reruntuhan

    Spesies manusia yang hidup pada masa itu adalah Homo Wajakensis, Homo Erectus, dan Meganthropus Paleojavanicus. Yang tersisa dari zaman ini adalah kebudayaan Pacitan dan Ngandong.

    Waktu Sebelum Pleistosen

    Masa perburuan dan kehidupan nomaden terjadi bersamaan dengan masa Pleistosen atau Kuarter. Periode Pleistosen merupakan periode terakhir dari periode Neozoikum, yang terjadi bersamaan dengan periode Paleolitikum.

    Periode ini terdiri dari zaman es, zaman interglasial, dan zaman Holosen. Periode Kuarter ini dimulai sekitar 600 ribu tahun yang lalu. Manusia yang hidup pada zaman ini adalah Homo Sapiens dan dunia masih tertutup es.

    Harimau, fosil Homo Erectus, dll ditemukan selama periode ini. Banyak fosil yang ditemukan.

    Artinya, masa perburuan dan kehidupan nomaden muncul bersamaan dengan masa Pleistosen atau Kuarter. Pada kedua zaman tersebut, masyarakat menjalani kehidupan nomaden, bergantung pada alam, berburu binatang, dan berkumpul untuk mencari makanan.
    Coba cari lagi apa yang ada inginkan pada kolom berikut: DMCA.com Protection Status
    Bantu Apresiasi Bantu berikan apresiasi jika artikelnya dirasa bermanfaat agar penulis lebih semangat lagi membuat artikel bermanfaat lainnya. Terima kasih.
    Donasi
    Hallo sobat panduan code, Anda dapat memberikan suport kepada kami agar lebih semangat dengan cara dibawah ini.

    Dana : 085972737000
    PAYPAL : Panduan Code
    Done
    Color Picker
    Silahkan gunakan tools color picker berikut gratis untuk Anda, salam Admin Panduan Code.

    Pilih Warna

    Done