Puisi Itu adalah karya sastra kuno yang bernilai tinggi. Pengertian puisi adalah salah satu jenis puisi klasik asal Iran. Puisi mengungkapka...
Daftar Isi [Tampil]

    Puisi Itu adalah karya sastra kuno yang bernilai tinggi. Pengertian puisi adalah salah satu jenis puisi klasik asal Iran. Puisi mengungkapkan pengalaman, ide dan emosi dalam gaya yang lebih klasik dan kreatif.

    Penting bagi mereka yang mempelajari sastra untuk memahami puisi. Puisi pada dasarnya seperti puisi. Isi puisi bisa berupa ajaran agama, peristiwa sejarah atau bahkan cerita romantis.


    Memahami Puisi

    Istilah puisi berasal dari bahasa Arab yaitu-nyaatau ya Artinya "perasaan sadar". Untuk mengatakanyadikembangkan kemudian syi'ru Umumnya berarti "puisi".

    Pengertian puisi adalah genre puisi klasik. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, puisi adalah puisi kuno yang terdiri atas empat baris yang setiap baitnya diakhiri dengan bunyi yang sama.

    Orang yang membaca atau menulis puisi disebut penyair atau pujangga. Puisi dalam pengertian ini merupakan bentuk yang terbatas, sehingga mempunyai aturannya sendiri.

    Genre Puisi

    Syair merupakan puisi kuno dengan berbagai genre. Berikut jenis-jenis puisi:

    1. Puisi Panji

    Puisi Panji merupakan puisi yang isinya menggambarkan keadaan keraton (kerajaan) dan keadaan masyarakat yang tinggal di keraton.

    2. Puisi Romantis

    Puisi romantis adalah puisi yang mengandung romansa dan banyak ditemukan dalam cerita dan cerita rakyat Alipur Laram.

    3. Puisi Alegoris

    Jenis puisi selanjutnya adalah puisi figuratif. Puisi alegoris adalah puisi yang menceritakan kisah cinta antara ikan, burung, bunga, lalu buah-buahan, yang kesemuanya bersifat perumpamaan dan mengandung sindiran atau sindiran terhadap peristiwa tertentu.

    4. Puisi Sejarah

    Jenis puisi yang keempat adalah puisi sejarah. Seperti namanya, puisi sejarah didasarkan pada peristiwa sejarah penting, seperti yang berkaitan dengan perang.

    5. Puisi religi

    Jenis puisi selanjutnya adalah puisi religi. Puisi ini bertemakan ajaran sufi. Puisi religi tergolong puisi terpenting dan terbagi dalam empat kategori, yaitu puisi sufi, puisi tentang ajaran Islam, puisi tentang sejarah Nabi, dan puisi nasehat.


    Ciri-Ciri Puisi

    Ada ciri-ciri puisi yang patut diketahui oleh mereka yang mempelajari karya sastra, beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

    1. Terdiri dari 4 Baris

    Puisi adalah karya sastra kuno yang terdiri dari empat baris. Empat baris puisi boleh terdiri lebih dari satu bait. Namun puisi tersebut tetap harus memiliki empat baris dalam setiap baitnya.

    2. Setiap baris terdiri dari 4-6 kata

    Ciri atau ciri puisi yang kedua adalah setiap baris biasanya terdiri atau terdiri dari 4-6 kata, yaitu dalam empat baris, setiap baris terdiri dari 4-6 kata yang membentuk baris-baris dalam puisi.

    3. Setiap baris terdiri dari 8-12 suku kata

    Selain empat baris yang setiap barisnya terdiri dari 4-6 kata, ciri khas puisi adalah terdapat 8-12 suku kata dalam setiap barisnya. Suku kata adalah gabungan satu huruf atau lebih yang terdiri atas satu huruf konsonan dan 1 huruf cocal.

    4. Semua Baris Terisi

    Ciri atau ciri puisi adalah semua barisnya mempunyai isi. Ciri atau ciri ini berbeda dengan pantun; dimana baris pantun pertama dan kedua merupakan sampiran dan baris pantun ketiga dan keempat merupakan isi.

    5. Puisi tersebut mempunyai rima akhir a – a – a – a

    Ciri-ciri atau ciri-ciri puisi adalah semuanya mempunyai rima atau akhiran yang sama, yaitu a – a – a – a pada setiap barisnya. Hal ini pula yang menjadi pembeda atau ciri dan ciri khas antara puisi tersebut dengan puisi-puisi lama lainnya, khususnya pantun.

    6. Memiliki isi, artinya mempunyai cerita atau pesan

    Selain itu, ciri atau ciri puisi lainnya adalah isinya atau puitis. Pesan ditentukan di setiap baris. Jadi puisi adalah cerita atau cerita, biasanya mengandung unsur sejarah, agama atau filsafat, mitos, dan ada pula yang hanya karangan yang berisi nasehat atau nasehat bijak.

    Berikut pengertian, jenis dan ciri-ciri puisi yang perlu Anda ketahui untuk menambah pemahaman Anda. Pelajaran puisi ini pasti akan dipelajari oleh pelajar di Indonesia.
    Coba cari lagi apa yang ada inginkan pada kolom berikut: DMCA.com Protection Status
    Bantu Apresiasi Bantu berikan apresiasi jika artikelnya dirasa bermanfaat agar penulis lebih semangat lagi membuat artikel bermanfaat lainnya. Terima kasih.
    Donasi
    Hallo sobat panduan code, Anda dapat memberikan suport kepada kami agar lebih semangat dengan cara dibawah ini.

    Dana : 085972737000
    PAYPAL : Panduan Code
    Done
    Color Picker
    Silahkan gunakan tools color picker berikut gratis untuk Anda, salam Admin Panduan Code.

    Pilih Warna

    Done