Cara Memperbaiki Kartu Sd Yang Rusak -  Apakah ada masalah dengan memori ponsel cerdas Anda? Jangan terburu-buru mengganti atau membuangnya ...
Daftar Isi [Tampil]

    Cara Memperbaiki Kartu Sd Yang Rusak - Apakah ada masalah dengan memori ponsel cerdas Anda? Jangan terburu-buru mengganti atau membuangnya karena ada cara yang bisa Anda coba untuk memperbaiki SD Card yang rusak. SD card merupakan sebuah perangkat eksternal yang dapat digunakan untuk menambah kapasitas penyimpanan perangkat elektronik seperti smartphone atau laptop. Meski memiliki banyak manfaat, namun penggunaan yang tidak tepat dapat dengan cepat menyebabkan kerusakan pada kartu SD. Rusaknya kartu SD tidak hanya mempengaruhi fungsinya saja. Namun perangkat yang terpasang kartu SD rusak juga terkadang mengalami masalah sehingga tidak maksimal. Oleh karena itu, jika kartu SD mengalami kerusakan, segera perbaiki agar tidak bertambah parah. Pelajari cara memperbaiki kartu SD yang rusak dengan komputer, muatan!


    Ada banyak cara untuk memperbaiki kartu SD yang rusak; beberapa di antaranya adalah:

    Cara Memperbaiki Kartu Sd Yang Rusak

    1. Cara Memperbaiki Kartu SD yang Rusak dengan Restart Gadget

    Terkadang salah satu penyebab SD card tidak bisa terbaca adalah karena ada masalah pada sistem smartphone. Hal ini dapat terjadi ketika pengguna mengisi daya ponsel saat dimatikan semalaman dan kartu SD menjadi tidak terbaca saat dihidupkan. Jika Anda mengalami hal seperti ini, pertama-tama jangan panik karena ada cara mudah untuk memperbaiki kartu SD yang rusak, yaitu dengan me-restart perangkat.

    Coba matikan ponsel Anda selama beberapa menit lalu keluarkan kartu SD. Setelah itu coba install dan hidupkan kembali ponselnya. Jika tidak ada kerusakan atau masalah pada kartu SD, maka kartu memori akan terbaca kembali. Selain terlalu sering melakukan uninstall, kerusakan serupa pada kartu SD juga bisa terjadi karena Anda mengakses situs web yang tidak aman dan terserang malware atau virus. Jadi jika terjadi error pada kartu memori, Anda bisa menggunakan cara ini untuk memperbaiki kartu SD yang rusak tanpa perlu memformatnya.

    Baca Juga: Cara Memperbaiki Kipas Angin Tidak Berputar

    2. Coba kartu SD di ponsel atau smartphone lain

    Cara memperbaiki SD card rusak selanjutnya adalah dengan melepas kartu memori dan memasukkannya ke perangkat lain jika cara pertama di atas tidak berhasil. Cara ini juga bisa digunakan untuk mendeteksi apakah kerusakan ada pada SD card atau slot memori pada smartphone. Jika memori smartphone Anda tidak bisa terbaca, jangan buru-buru menyalahkan SD card.

    Jika kartu SD terbaca dan berfungsi dengan baik di perangkat lain, maka masalahnya ada pada slot memori ponsel cerdas Anda. Teknik ini sering digunakan sebagai cara memperbaiki file rusak di kartu SD tanpa perlu memformatnya.

    3. Cek error dengan menghubungkan ke PC atau laptop

    Jika Anda memasukkan kartu memori ke dalam smartphone dan data di dalamnya masih tidak dapat terbaca, Anda dapat memeriksa apakah ada kesalahan pada kartu SD dengan menghubungkan kartu SD ke PC atau laptop. Langkah-langkah atau cara memperbaiki SD Card yang rusak adalah sebagai berikut:

    • Masukkan SD card ke perangkat smartphone lalu sambungkan ke PC atau laptop menggunakan kabel data

    • Jika smartphone terhubung dengan PC atau laptop, ubah mode dari Media transfer mode (MTP) ke Mass storage mode (MSC)

    • Buka menu Explorer (Windows + E) di laptop atau PC Anda lalu klik kanan pada drive kartu SD. Kemudian pilih menu Properties > Tools > Error Checking dan tunggu hingga proses selesai untuk memeriksa cara memperbaiki SD card yang rusak ini.

    • Setelah proses selesai, putuskan sambungan smartphone dari laptop atau PC lalu periksa apakah kartu SD sudah kembali normal.

    Jika memperbaiki kartu SD yang rusak dengan ponsel tidak berhasil, cara ini cukup efektif untuk membaca kartu memori. Setelah kartu SD berhasil dibaca kembali, ada baiknya Anda segera membuat cadangan data untuk menghindari risiko kerusakan kartu memori lagi.

    Baca Juga: Cara Memperbaiki Headset Mati Sebelah Dengan Mudah

    4. Nonaktifkan Kartu SD

    Tidak ada salahnya mencoba fitur penonaktifan kartu SD di komputer atau laptop Anda sebelum memutuskan untuk memformat kartu memori. Cara memperbaiki SD Card yang rusak adalah dengan mematikan dan menghidupkan kembali fungsi SD Card dari awal. Berikut cara menonaktifkan kartu SD:

    • Hubungkan ponsel cerdas dengan kartu memori yang dimasukkan ke PC atau laptop

    • Masuk ke menu Device Manager di komputer

    • Klik kanan Perangkat Penyimpanan Massal USB, lalu klik Nonaktifkan dan tunggu beberapa menit hingga kartu SD yang rusak diperbaiki.

    • Klik kanan lagi menu Perangkat Penyimpanan Massal USB, lalu klik Aktifkan.

    Setelah menonaktifkan kartu SD, periksa kembali apakah kartu dapat terbaca. Jika masih belum terbaca berarti memang ada kesalahan atau kerusakan pada kartu. Jika sudah demikian, cara atau cara memperbaiki SD Card yang rusak agar dapat digunakan kembali adalah dengan memformat file terlebih dahulu.

    5. Memperbaiki SD Card yang Rusak dengan Membersihkan Badan Kartu

    Kartu SD yang rusak atau tidak terbaca juga bisa disebabkan oleh plat emas yang kotor sehingga sulit dibaca. Hal ini biasanya terjadi jika pengguna sering mengeluarkan kartu SD, terlalu sering menyentuh pelat emas, atau memasukkannya sembarangan. Cara memperbaiki SD card yang rusak di hp xiaomi atau merk lainnya bisa dilakukan dengan cara membersihkan body dari memory SD card tersebut.

    Anda dapat membersihkan badan kartu SD menggunakan kain bersih dan kering atau tisu kering. Anda juga menggunakan alat lain, seperti penghapus karet putih, untuk menghilangkan debu dan kotoran. Jika terjadi kesalahan pada kartu memori Anda, pastikan untuk mencoba memperbaikinya dengan membersihkan badan kartu sebelum memformat kartu SD yang rusak.

    6. Menggunakan MiniTool Partition Wizard

    Anda juga dapat memperbaiki kartu SD yang rusak menggunakan aplikasi gratis di komputer Anda, seperti Mini Tool Partition Wizard. Cara ini dilakukan dengan memindai partisi untuk memeriksa kesalahan pada kartu SD. MiniTool kemudian akan memperbaiki partisi tersebut sehingga kartu SD dapat digunakan kembali.

    Berikut cara memperbaiki SD card yang rusak dengan aplikasi Mini Tool Partition Wizard:

    • Download MiniTool Partition Wizard Free Edition lalu instal di PC atau laptop Anda.

    • Masukkan kartu SD ke dalam smartphone, lalu sambungkan ke komputer dan pilih driver sesuai dengan kartu SD tersebut

    • Pilih bagian menu Periksa Sistem File

    • Jika muncul jendela baru, klik menu Periksa dan Perbaiki kesalahan yang terdeteksi, lalu klik Mulai.

    • Tunggu hingga proses perbaikan kartu rusak selesai, lalu periksa apakah kartu SD sudah kembali normal

    7. Format dengan ponsel Android

    Jika cara memperbaiki kartu memori yang rusak tanpa memformat di atas tidak berhasil, satu-satunya cara adalah dengan memformat kartu. Namun perlu Anda ketahui bahwa cara ini bisa saja menyebabkan seluruh file yang ada di kartu SD hilang. Namun setelah diformat, biasanya kartu SD dapat digunakan kembali dengan fungsi normal seperti baru.

    Pemformatan kartu SD dapat dilakukan melalui ponsel Android dengan cara sebagai berikut:

    • Masukkan kartu SD ke ponsel pintar Android

    • Nyalakan Android lalu pilih Pengaturan > Penyimpanan > Penyimpanan Portabel

    • Pilih drive kartu SD lalu buka Pengaturan Penyimpanan > Format > Hapus & Format

    • Tunggu hingga proses format selesai lalu tap Selesai di akhir cara memperbaiki kartu SD yang rusak.

    • Periksa apakah kartu SD normal

    Setelah proses format berhasil, semua data di kartu SD akan hilang. Namun, kartu memori dapat digunakan kembali dengan fungsi yang sama seperti saat masih baru. Dengan memperbaiki kartu SD yang rusak, Anda tidak perlu membeli kartu SD baru meskipun semua file Anda hilang.

    8. Cara Memperbaiki SD Card yang Rusak Menggunakan PC atau Laptop

    Namun tidak menjamin kartu SD yang diformat melalui Android akan kembali normal dan dapat digunakan. Jika cara memperbaiki memori SD yang rusak di Android tidak berhasil, Anda bisa mencoba memformatnya melalui PC atau laptop. Hasil format melalui PC umumnya lebih canggih dan unggul. Begini caranya.

    • Hubungkan kartu SD ke PC atau laptop Anda menggunakan pembaca kartu

    • Jika sudah terhubung, periksa apakah masih ada sisa data. Jika iya, Anda dapat membuat cadangan sebelum memformat untuk langkah cara memperbaiki kartu SD yang rusak ini.

    • Untuk memformat, buka Explorer (Windows + E) lalu pilih drive kartu SD. Kemudian klik kanan lalu pilih menu format

    • Tunggu beberapa saat hingga proses format selesai dan cara memperbaiki memori yang rusak

    • Setelah proses selesai, kartu memori akan habis dan dapat digunakan kembali secara normal.

    Ada baiknya untuk membuat cadangan data sebelum memformat kartu SD. Karena setelah proses format berhasil, seluruh data yang ada di kartu SD akan hilang dan tidak dapat dipulihkan. Jika ada cara untuk memperbaiki kartu SD yang rusak tanpa memformatnya, ada baiknya Anda mencoba cara ini terlebih dahulu jika tidak ingin kehilangan seluruh data Anda.

    9. Selidiki kembali penyebab SD card rusak

    Ada baiknya Anda mengetahui penyebab kerusakan pada SD Card sebelum mengambil tindakan perbaikan. Setelah Anda mengetahui penyebab rusaknya kartu SD, Anda dapat mengambil tindakan perbaikan yang tepat agar kartu memori dapat kembali normal tanpa perlu memformat datanya. Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan SD card rusak atau error; beberapa di antaranya adalah:

    • Sering berpindah-pindah

    Kartu SD yang sering dipindahkan dari satu perangkat ke perangkat lainnya memiliki risiko kerusakan yang lebih tinggi sehingga lebih besar kemungkinannya untuk rusak. Kartu memori yang sering berpindah-pindah lebih rentan terhadap risiko penyakit karena harus beradaptasi dengan lokasi dan sistem operasi baru. Jadi, kecuali Anda perlu berpindah perangkat, ada baiknya Anda tidak terlalu sering memindahkan kartu SD agar tidak mudah rusak.

    • cara bergerak yang salah

    Jika tidak ingin kartu SD Anda rusak, pelajari dulu cara membawa kartu memori yang benar. Memindahkan kartu SD tidak bisa dilepas begitu saja dari perangkat. Namun, sebelum melakukan flashing kartu SD, pastikan perangkat dalam keadaan mati. Kemudian tunggu 10 – 20 detik lalu keluarkan kartu SD dari slot memori. Jika dilakukan tanpa mematikan perangkat, dapat menyebabkan proses tidak selesai. Hal ini dapat membuat kartu tidak dapat dibaca, jadi Anda harus mencari cara untuk memperbaiki kartu SD yang rusak agar dapat kembali normal.

    • Paparan Minyak atau Kotoran

    SD Card yang rusak atau tidak terbaca bisa jadi karena kotor atau terkena minyak saat digunakan. Cara mengatasi SD card tidak terbaca seperti ini adalah dengan membersihkan kartu tersebut menggunakan kain bersih dan kering. Setelah dibersihkan, coba masukkan kembali kartu SD dan periksa apakah kembali normal. Oleh karena itu, ketika kartu memori tidak dapat dibaca, jangan terburu-buru menyimpulkan bahwa kartu SD rusak dan meminta pemformatan.

    • Ada virus

    Terinfeksi saat membuka situs web yang tidak aman juga dapat menyebabkan kartu SD rusak dan tidak terbaca. Ada banyak jenis virus yang dapat merusak kartu memori, tidak hanya merusak data tetapi juga mencuri data pengguna perangkat. Hal ini sangat berbahaya, sehingga sebaiknya segera mencari cara untuk memperbaiki kartu memori yang tidak terbaca di ponsel dan PC agar tidak merugikan pemilik perangkat. Anda juga harus berhati-hati saat mengunduh file dari Internet, karena sekarang banyak file yang mengandung virus berbahaya.

    • Bekerja keras

    Perangkat yang banyak bekerja juga memiliki risiko kerusakan kartu SD yang lebih tinggi. Hal ini biasanya terjadi jika pengguna melakukan penyesuaian drastis, seperti mengubah pengaturan penyimpanan video. Meski hasil perekaman video lebih baik, namun cara ini menyebabkan kartu SD bekerja lebih keras dari yang seharusnya. Daripada mempelajari cara memperbaiki SD Card yang rusak, ada baiknya kita lebih memperhatikan cara merawat kartu tersebut agar awet dan tidak mudah rusak.

    Kemungkinan besar kartu SD akan rusak jika tidak dirawat dengan baik. Penyebab SD card rusak juga sangat beragam, sehingga Anda perlu mengetahui penyebabnya sebelum mengikuti cara memperbaiki SD card rusak yang benar. Dengan langkah perbaikan yang tepat, kartu SD bisa kembali normal tanpa perlu memformat datanya. Namun, jika kartu SD tidak terdeteksi sama sekali, ada baiknya Anda membawa kartu tersebut ke pusat layanan ponsel resmi untuk mengetahui alasannya.

    10. Bawa ke Service Center Ponsel Resmi

    Solusi pamungkas dan cara memperbaiki kartu memori adalah dengan membawanya ke pusat layanan seluler resmi. Anda dapat memilih cara ini jika kartu memori tidak dapat lagi terbaca.ponsel pintar, PC atau laptop. Sebelum membuang atau membeli SD Card baru, tidak ada salahnya memeriksanya terlebih dahulu ke service center karena bisa saja sistem Android mengalami kerusakan.

    Pihak service center akan melakukan pengecekan menyeluruh untuk mengetahui penyebab kerusakan, apakah masalah pada SD card atau sistem operasi smartphone yang tidak kompatibel. Jika diperlukan, service center akan menggunakan aplikasi untuk memperbaiki kartu memori yang rusak tanpa memformatnya terlebih dahulu. Namun jika kerusakannya serius, biasanya disarankan untuk memformat kartu SD terlebih dahulu sebelum dapat digunakan.

    Kartu SD sangat berguna untuk menambah kapasitas agar perangkat dapat menyimpan data lebih banyak. Namun jika tidak dirawat dengan baik, ada risiko kerusakan pada kartu SD yang mengakibatkan hilangnya seluruh data yang tersimpan. Rusaknya SD Card bisa disebabkan oleh banyak hal, oleh karena itu langkah perbaikannya juga harus disesuaikan dengan penyebab dan perangkat yang digunakan.Tentu saja cara memperbaiki SD Card yang rusak di Hp Oppo berbeda dengan Samsung J2 Prime atau merek lain.

    Kerusakan kartu SD sebenarnya merupakan hal yang lumrah terjadi sehingga Anda tidak perlu terlalu khawatir. Jika SD card rusak, belum tentu data yang ada di dalamnya akan hilang. Jika Anda mengikuti cara memperbaiki SD Card yang rusak dengan benar, pasti SD Card akan kembali normal. Oleh karena itu, jika kartu memori Anda rusak, jangan terburu-buru atau membeli yang baru. Namun pelajari dulu cara memperbaiki kartu SD yang tidak terbaca agar bisa diperbaiki. Namun Anda harus menggunakannya untuk memberikan perlindungan lebih pada kartu SD dan ponsel Anda.asuransi ponsel pintar Yang terbaik untuk perlindungan ponsel Anda dari PC. Selain itu, kamu juga bisa membaca berbagai artikel menarik seputar asuransi dan gaya hidup di komputermu!


    Coba cari lagi apa yang ada inginkan pada kolom berikut: DMCA.com Protection Status
    Bantu Apresiasi Bantu berikan apresiasi jika artikelnya dirasa bermanfaat agar penulis lebih semangat lagi membuat artikel bermanfaat lainnya. Terima kasih.
    Donasi
    Hallo sobat panduan code, Anda dapat memberikan suport kepada kami agar lebih semangat dengan cara dibawah ini.

    Dana : 085972737000
    PAYPAL : Panduan Code
    Done
    Color Picker
    Silahkan gunakan tools color picker berikut gratis untuk Anda, salam Admin Panduan Code.

    Pilih Warna

    Done