Cara memperbaiki kipas angin tidak berputar sangatlah mudah dan bisa anda lakukan sendiri di rumah. Simak cara selengkapnya di sini! Kipas a...
Daftar Isi [Tampil]

    Cara memperbaiki kipas angin tidak berputar sangatlah mudah dan bisa anda lakukan sendiri di rumah. Simak cara selengkapnya di sini!

    Kipas angin merupakan salah satu perangkat elektronik yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan banyak orang. Alat yang berfungsi untuk mendinginkan ruangan ini bekerja dengan cara menghasilkan hembusan udara sehingga sirkulasi udara menjadi lebih lancar.

    Namun pernahkah Anda mengalami masalah kipas angin yang tiba-tiba mati? Jika iya, kini saatnya mempelajari cara memperbaiki kipas angin tidak berputar seperti PC.COM. Tak perlu khawatir, semua cara di bawah ini sangat mudah dan bisa Anda lakukan sendiri di rumah.


    Alasan Kipas Angin Tidak Berputar

    Sebelum mempelajari cara memperbaikinya, ada baiknya Anda memahami apa saja penyebab kipas angin tidak berputar. Meski terkesan sederhana, kipas angin mati total bisa disebabkan oleh banyak hal.

    Penyebab paling umum dari masalah ini adalah keausan bushing atau bearing. Bagian ini berfungsi sebagai bantalan yang mencegah gesekan antar bagian di dalam kipas. Bagian yang berfungsi seperti sambungan pada manusia ini merupakan salah satu saklar yang memungkinkan kipas dapat berputar.

    Selain itu, selipnya rotor atau poros pada motor juga menyebabkan kipas tidak dapat berputar karena motor motor roboh dan rusak.

    Penyebab kipas tidak berputar adalah karena kapasitor ujung lemah sehingga motor kipas tidak mempunyai daya yang cukup untuk memutar impeler.

    Baca Juga: Cara Memperbaiki Headset Mati Sebelah Dengan Mudah

    Cara Mudah Mengatasi Kipas Angin Tidak Berputar

    Jika Anda menghadapi situasi ini, jangan panik. Tak perlu memanggil tukang servis karena di bawah ini ada beberapa cara memperbaiki kipas angin yang tidak berputar.

    1. Carilah sumber kerusakannya

    Cara memperbaiki kipas angin tidak berputar yang pertama adalah dengan mencari sumber kerusakannya. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, kerusakan ini bisa disebabkan oleh bushing, gardan, kapasitor, atau penumpukan debu.

    Untuk meminimalisir kesalahan saat membongkar mesin, penting untuk mencari sumber kerusakan kipas sebelum melakukan perbaikan lainnya.

    2. Cabut kabel dari catu daya

    Jika ini pertama kalinya kipas mati, langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah mencabut kabel dari stopkontak. Setelah beberapa menit, coba sambungkan kabel dan nyalakan kembali kipas angin.

    Jika berhasil dibuka, kerusakan ini mungkin terjadi karena adaptor tidak terpasang dengan benar dan listrik tidak mengalir ke mesin sepeda motor.

    Pastikan Anda tidak melakukannya secara terburu-buru untuk menghindari korsleting atau korsleting listrik.

    3. Lepaskan Bingkai Kipas

    Jika cara sebelumnya tidak berhasil, Anda dapat mencabut kabel daya dan mulai membongkar rangka kipas dengan hati-hati.

    Lepaskan baut-baut pada bagian luar atau samping kipas, kemudian pisahkan rangka depan dan belakang agar dapat melihat langsung motor dan impeller. Simpan bagian yang telah dibongkar di tempat yang aman untuk memudahkan perakitan kembali.

    Lakukan langkah ini secara perlahan agar kabel tidak putus atau rusak.

    Baca Juga: Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Tidak Berfungsi


    4. Periksa bagian dalam dinamo

    Jadi komponen utama penggerak motor, cara memperbaiki kipas angin yang tidak berfungsi sempurna selanjutnya adalah dengan mengecek bagian dalamnya.

    Buka penutup dinamo menggunakan obeng, kemudian periksa stator atau poros kipas. Jika bagian ini mengalami kerusakan maka solusi satu-satunya adalah dengan menggantinya dengan yang baru.

    Pemeriksaan ini harus dilakukan dengan hati-hati karena kesalahan sekecil apa pun dapat mengakibatkan kerusakan total pada mesin.

    5. Periksa Bagian Bushing atau Bearing

    Selain stator dan gardan, Anda juga perlu memeriksa kondisi bushing atau bearing kipas. Untuk melakukan ini, letakkan poros motor di dalam busing dan ayunkan ke kiri dan ke kanan. Jika porosnya tergelincir atau Anda merasa kendor, bagian ini sudah aus.

    Anda perlu melepas bagian-bagian yang aus dan menggantinya dengan yang baru. Jangan lupa untuk memasang kembali bearing pada motor agar kipas dapat beroperasi dengan normal.


    6. Menghilangkan Debu dan Kotoran

    Cara terakhir untuk memperbaiki kipas angin yang tidak berfungsi sama sekali adalah dengan menghilangkan debu dan kotoran pada motor, impeller, dan sasis.

    Jika tidak hati-hati, debu dan kotoran ini dapat menumpuk sehingga menyulitkan baling-baling berputar dan menimbulkan suara mendengung.

    Gunakan kain kering atau kanebo basah untuk membersihkan kipas angin. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan kain lap lembut dan penyedot debu portabel Untuk membersihkan bingkai setiap hari.

    Lakukan secara rutin setiap tiga bulan sekali untuk mencegah kerusakan dan penumpukan debu.

    Penggemar yang mati memang merupakan hal yang tidak terduga dan merepotkan. Namun begitu Anda mengetahui cara memperbaiki kipas angin yang tidak berputar, pastinya Anda bisa mengatasinya dengan lebih tenang bukan?

    Anda tidak perlu lagi mengeluarkan uang ekstra untuk memanggil tukang reparasi!


    Coba cari lagi apa yang ada inginkan pada kolom berikut: DMCA.com Protection Status
    Bantu Apresiasi Bantu berikan apresiasi jika artikelnya dirasa bermanfaat agar penulis lebih semangat lagi membuat artikel bermanfaat lainnya. Terima kasih.
    Donasi
    Hallo sobat panduan code, Anda dapat memberikan suport kepada kami agar lebih semangat dengan cara dibawah ini.

    Dana : 085972737000
    PAYPAL : Panduan Code
    Done
    Color Picker
    Silahkan gunakan tools color picker berikut gratis untuk Anda, salam Admin Panduan Code.

    Pilih Warna

    Done