Papan ketik Laptop merupakan salah satu perangkat yang sangat penting. Ketika keyboard laptop berhenti berfungsi pasti akan berdampak pada ...
Daftar Isi [Tampil]

    Papan ketik Laptop merupakan salah satu perangkat yang sangat penting. Ketika keyboard laptop berhenti berfungsi pasti akan berdampak pada banyak hal, terutama aktivitas bekerja atau belajar.

    Oleh karena itu, sangat penting untuk mengetahui kerusakan umum yang terjadi pada keyboard laptop, termasuk mencoba mencari solusi jika keyboard laptop tidak dapat digunakan.

    Salah satu permasalahan yang sering muncul adalah keyboard laptop tidak berfungsi, sebagian atau bahkan seluruh tombol keyboard tidak bisa mengetik huruf.

    Indikasinya adalah keyboard laptop tetap tidak merespon meski ditekan kuat-kuat. Layar laptop akan tetap terlihat blank karena keyboard laptop tidak bisa mengetik huruf.

    Lalu apa yang harus Anda lakukan jika keyboard laptop Anda tidak berfungsi? Ketika keyboard laptop tidak berfungsi, jangan buru-buru mengganti bagian pengganti keyboard.

    Cari tahu dulu kenapa keyboard tidak bisa mengetik huruf. Setidaknya ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan keyboard laptop tidak berfungsi; Beberapa atau seluruh tombol keyboard tidak dapat mengetik huruf.

    Alasan mengapa keyboard laptop tidak berfungsi:

    • Keyboard yang penuh dengan debu dan kotoran yang menumpuk di bawah tombol menjadi salah satu penyebab keyboard laptop berhenti berfungsi.
    • Perangkat lunak yang kedaluwarsa atau terinfeksi virus malware
    • Ada perangkat keras yang rusak seperti papan sirkuit keyboard, kabel, atau tombol itu sendiri
    • Pengaturan keyboard non-standar
    • Ada pembaruan sistem operasi yang menyebabkan konflik dengan driver keyboard

    Jika Anda sudah mengetahui penyebabnya, ada beberapa langkah yang perlu Anda ikuti untuk mengatasi keyboard laptop tidak berfungsi.

    Untuk lebih jelasnya berikut beberapa cara mengatasi masalah keyboard laptop tidak berfungsi atau tidak bisa mengetik huruf.



    Cara Mengatasi Keyboard Laptop Tidak Berfungsi

    1. Bersihkan keyboard dari debu

    Jika ada lebih dari satu tombol yang tidak berfungsi pada keyboard, kemungkinan tombol tersebut tidak merespon perintah karena tertutup debu.

    Untuk mengatasinya, Anda bisa memiringkan laptop dengan sudut 75 derajat dan menggoyang-goyangkan laptop untuk menghilangkan debu. Kemudian bersihkan bagian atas dan bawah keyboard menggunakan selotip untuk menyerap debu.

    2. Nyalakan kembali Laptopnya

    Masalah keyboard rusak pada laptop juga bisa disebabkan oleh software atau driver. Untuk mengatasinya, Anda bisa restart laptop Anda dengan menekan tombol power selama 5 detik.

    3. Instal ulang sistem operasi

    Selain cara di atas, Anda juga bisa melakukan restorasi Windows untuk memulihkan sistem. Untuk melakukannya, silakan klik menu Start, pilih Control Panel, klik System and Security dan pilih Back up your computer.

    Pada halaman berikutnya, silakan klik Pulihkan pengaturan sistem atau komputer Anda dan pilih Aktifkan Pemulihan Sistem.

    4. Perbaikan Driver Keyboard

    Perbaikan lainnya adalah memperbarui driver keyboard Anda. Untuk melakukannya, silakan buka menu Control Panel, pilih System and Security dan klik Device Manager.

    Pada menu ini silahkan cari driver untuk keyboard dan update driver keyboard dengan menghubungkan laptop ke koneksi internet.

    Cara Mengetik Saat Keyboard Laptop Rusak

    Dalam situasi darurat dan keyboard laptop tidak berfungsi normal, Anda tetap dapat melakukan pekerjaan Anda menggunakan keyboard virtual.

    Secara spesifik keyboard virtual yang dapat digunakan oleh pengguna Windows 8 dan Windows 10 adalah sebagai berikut:

    1. Aktifkan On-Screen Keyboard dengan mengklik Start Menu menggunakan mouse, mencari menu Windows Ease of Access, dan mengklik On-Screen Keyboard.

    2. Jika keyboard fisik Anda masih berfungsi sebagian, Anda dapat membuka Start Menu, mengetik OSK, dan mengklik On-Screen Keyboard.

    3. Anda juga dapat mengakses keyboard di layar dengan mengklik Start Menu > Settings > Ease of Access > Keyboard, lalu mengaktifkan opsi Turn on On-Screen Keyboard.

    Nah itulah beberapa cara mengatasi keyboard laptop tidak berfungsi atau tidak bisa mengetik. Semoga ini membantu!

    Baca Juga: HTML Editor Terbaik Untuk Programmer Dan Pemula

    Baca Juga: Cara Membuat Desain Form Login HTML Terbaru


    Coba cari lagi apa yang ada inginkan pada kolom berikut: DMCA.com Protection Status
    Bantu Apresiasi Bantu berikan apresiasi jika artikelnya dirasa bermanfaat agar penulis lebih semangat lagi membuat artikel bermanfaat lainnya. Terima kasih.
    Donasi
    Hallo sobat panduan code, Anda dapat memberikan suport kepada kami agar lebih semangat dengan cara dibawah ini.

    Dana : 085972737000
    PAYPAL : Panduan Code
    Done
    Color Picker
    Silahkan gunakan tools color picker berikut gratis untuk Anda, salam Admin Panduan Code.

    Pilih Warna

    Done